Santai

Cara Merawat Tanaman Layu di Cuaca Panas, Begini Tips agar Tetap Bertahan

Cara Merawat Tanaman Layu di Cuaca Panas, Begini Tips agar Tetap Bertahan

MOMSMONEY.ID - Musim panas yang panjang membuat beberapa tanaman menjadi layu. Lalu, bagaimana cara merawat tanaman layu di cuaca panas ini?

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara merawat tanaman layu di cuaca panas agar tetap bertahan hidup. 

Sebagian besar musim panas bisa terasa hangat, namun suhu tinggi yang tidak normal dapat membuat tanaman stres, menyebabkan kulit terbakar, layu, dan bahkan kematian. 

Baca Juga: 5 Tanaman Tahan Cuaca Panas, Pilihan Tepat untuk Dirawat di Rumah

Untuk itu, terdapat cara merawat tanaman layu di cuaca panas yang dapat terapkan di musim panas ini. 

Mengutip Als Garden Center, berikut cara merawat tanaman layu di cuaca panas. 

1. Berikan tanaman Anda air ekstra

TANAMAN BAWANG MERAH

Temperatur yang tinggi memerlukan lebih banyak penyiraman karena terjadi peningkatan laju kehilangan air dari daun tanaman. 

Hal ini menyebabkan kerusakan akibat sengatan matahari dan layu. Tingkatkan jumlah irigasi tambahan pada tanaman Anda. Waktu terbaik untuk melakukan ini adalah sehari sebelum gelombang panas datang. 

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah di pagi hari saat suhu lebih rendah. Jangan menyiram secara berlebihan karena hal ini juga dapat membahayakan tanaman Anda, bahkan saat cuaca panas. 

2. Lewati Pemupukan

Tumbuhan menggunakan seluruh sumber dayanya untuk bertahan hidup dari panas dan tidak dapat menyisihkan energi yang diperlukan untuk mengambil pupuk. Sebaliknya, pupuk tersebut tetap berada di dalam tanah dan dapat membakar tanaman. Saat cuaca panas usai, kembalilah ke jadwal pemupukan rutin Anda. 

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental lewat Tanaman Hias yuk, Begini Caranya

3. Hindari Pemangkasan

Pertumbuhan tanaman Anda yang terbakar sinar matahari mungkin tergoda untuk dipangkas, tetapi singkirkan pemangkas Anda! Dedaunan yang terbakar sinar matahari ini melindungi bagian dalam tanaman Anda dengan memberikan keteduhan dan perlindungan dari sinar matahari. 

Tunggu untuk memangkas pertumbuhan yang rusak akibat sinar matahari hingga suhu kembali normal jika terjadi gelombang panas lagi. 

4. Berikan Tempat Berteduh Sementara

Pada hari yang panas, kita menghindari panas dengan berpindah ke tempat teduh atau di dalam ruangan. 

Sayangnya, tanaman tidak bisa bergerak menuju atau ke tempat teduh, tapi kita bisa memberikan naungan pada tanaman tersebut. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Feng Shui di Ruang Tamu Anda, Fokus pada 4 Hal Ini

Kain peneduh dan goni lanskap dapat diletakkan di atas tanaman untuk melindunginya dari sinar matahari. Jika Anda memiliki tanaman dalam wadah, sebaiknya letakkan tanaman tersebut di atas roller sehingga Anda dapat memindahkannya sesuai kebutuhan untuk meletakkannya di tempat yang teduh. 

5. Tambahkan Mulsa

Menambahkan lapisan mulsa di sekitar penutup tanah, semak, dan pepohonan akan menjaga suhu tanah beberapa derajat lebih dingin sekaligus mencegahnya mengering. Oleskan mulsa setebal tiga inci di sekitar tanaman, sebarkan di dekat garis tetesan atau sumber air. Pastikan untuk menjaga jarak sekitar enam inci dari batang pohon. 

Cara Merawat Tanaman Hias Selama Cuaca Panas

Mengutip Patch Plants, berikut ini terdapat cara merawat tanaman hias selama cuaca panas ekstrem. 

1. Lindungi tanaman dari sinar matahari 

Pindahkan tanaman beberapa inci lebih jauh dari jendela atau bahkan dinding jika dinding Anda biasanya memanas saat cuaca sangat panas di luar ruangan. 

Jendela yang terkena sinar matahari langsung bisa jauh lebih panas dari biasanya, terutama di sore hari, jadi pastikan tidak ada tanaman yang menyentuh kaca secara langsung untuk menghindari daun yang hangus.

2. Pastikan siram tanaman 

Pastikan tanaman disiram dalam-dalam sebelum cuaca panas, jika memungkinkan, dan seperti biasa, pastikan tanah terendam secara merata.

Anda bahkan mungkin perlu menyiram setiap hari atau dua hari sekali tergantung pada tanaman dan durasi cuaca panas. 

Sirami di pagi hari jika memungkinkan, tetapi jika Anda melihat tanaman layu atau membutuhkan air kapan saja di siang hari, segera sirami.

Jangan lupa untuk memeriksa stek, tanaman air seperti bola lumut, baki kerikil, dan pelembap atau air di dalamnya juga akan menguap lebih cepat. 

Baca Juga: 7 Bunga Potong yang Tahan Lama di Vas, Bisa Tetap Segar hingga Berbulan-bulan

3. Tambahkan kelembapan ke udara

Dalam cuaca panas kering, berikan pelembab udara yang lebih banyak sehingga akan membantu tanaman melawan penguapan yang cepat. 

Jadikan udara panas lembab dan tanaman Anda akan sangat bahagia. Cara termudah untuk melakukan ini adalah memberi mereka semprotan. 

4. Waspadai AC

Jauhkan tanaman dari aliran udara langsung unit AC. Sebab, udara dingin dapat merusak jaringan tanaman. 

Nah itulah beberapa cara merawat tanaman layu di cuaca panas yang dapat Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News