Santai

Ide Pot Tanaman Hias Barang Bekas yang Bisa Dimanfaatkan dan Hasilnya Unik

Ide Pot Tanaman Hias Barang Bekas yang Bisa Dimanfaatkan dan Hasilnya Unik

MOMSMONEY.ID - Ada banyak barang bekas di rumah yang tidak terpakai seperti kaleng cat, wadah lilin, hingga toples kaca. Ternyata barang bekas itu dapat Anda olah kembali menjadi pot tanaman hias. 

Ide pot tanaman hias barang bekas ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi pot yang unik. 

Pot tanaman hias barang bekas yang bisa dimanfaatkan ini mudah untuk ditemui di gudang rumah Anda. 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Membuat Taman Indoor yang Subur dalam Waktu Singkat

Nah, berikut ini ide pot tanaman hias barang bekas yang bisa dimanfaatkan dan hasilnya unik. 

1. Wadah Lilin

Untungnya, sisa lilin dan wadah lilinnya dapat diubah menjadi sesuatu yang baru. Tempatkan lilin Anda di dalam freezer untuk mengeluarkan cakram lilin terakhir, lalu pecahkan untuk digunakan sebagai tempat lelehan lilin.

Bilas wadah dengan baik untuk menghilangkan jelaga atau sisa lilin, lalu isi dengan tanah dan tanaman kecil. 

2. Teko

Untuk dekorasi unik yang mudah dibuat menggunakan bahan dari lemari atau toko barang bekas, pertimbangkan untuk membuat pot teko.

Teko dengan bukaan lebih besar di bagian atas akan lebih cocok untuk tujuan ini, jadi cobalah menghindari teko yang lebih berbentuk kubah dengan tutup kecil.

Isi teko dengan tanah dan tanaman pilihan Anda, lalu sirami untuk memastikan semuanya berakar.

Jika Anda tidak ingin membuat lubang drainase, cerat juga dapat digunakan dengan nyaman untuk membuang kelebihan cairan pada tanaman kalau khawatir tanaman Anda terlalu banyak air.

Baca Juga: 6 Inspirasi Pot Tanaman Hias dari Barang Bekas Rumah Tangga yang Antimainstream

3. Kaleng

Tanaman hias gantung

Banyak kemasan makanan yang dibuat tipis dan sekali pakai untuk membantu menghemat biaya dan mengurangi jumlah bahan yang digunakan, namun ada satu jenis kemasan yang tampaknya memberikan manfaat sebaliknya: kaleng. 

Gunakan kaleng kue lebar untuk membuat taman yang indah, beberapa kaleng teh untuk menanam herba di ambang jendela, atau kaleng popcorn untuk menanam kembali pakis yang lebih besar atau semak kecil.

4. Toples kaca

Stoples kaca telah mendapatkan status yang cukup baik di komunitas daur ulang, dan untuk alasan yang bagus.

Wadah kecil yang awalnya dimaksudkan untuk menampung benda-benda seperti saus pasta, selai, dan acar dapat dengan mudah dicuci dan diubah menjadi gelas minum dan vas. 

Lepaskan label pada stoples Anda, dan isi dengan lapisan kerikil untuk drainase dan satu sendok besar tanah pot. 

Setelah Anda menambahkan tanaman, Anda dapat mengawasi ketinggian air dan melihat perkembangan sistem akar berkat kaca transparan.

Baca Juga: 10 Bunga Keberuntungan yang Bawa Kemakmuran di Rumah, Cocok Ada di Kamar

5. Kaleng cat

Sejauh ini, bagian tersulit dari DIY ini adalah membersihkan cat yang ada, namun, dalam banyak kasus, Anda bisa membiarkannya mengering dan mengelupas catnya daripada harus menggosok bagian dalam kaleng. 

Setelah Anda merepoting tanaman Anda, Anda dapat menggunakan pegangan pada kaleng cat untuk menggantung tanaman Anda pada pengait atau membiarkannya di tanah atau dudukan tanaman untuk tampilan yang lebih tradisional.

6. Wadah penyimpanan makanan

Wadah penyimpanan makanan sangat cocok untuk dibawa jika Anda sering menyimpan sisa makanan atau persiapan makanan untuk seminggu ke depan, namun sayangnya, wadah tersebut agak sulit untuk disimpan. 

Tutup wadah ini sering kali hilang atau rusak, sehingga membuat wadah Anda tidak berguna kecuali Anda ingin membeli penggantinya. Namun, jika Anda mendapati bagian bawah wadah tanpa tutup mengambang, wadah tersebut bisa menjadi dasar yang bagus untuk penanam daur ulang. 

Buat beberapa lubang di bagian bawah untuk drainase, lalu cat atau hias sesuai keinginan jika Anda bukan penggemar tampilan plastik sederhana.

Jadi, itulah kumpulan ide pot tanaman hias barang bekas yang dapat Anda manfaatkan menjadi wadah yang unik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News