Bugar

Bisa Turunkan LDL di Tubuh, Konsumsi Buah yang Bagus untuk Kolesterol Ini yuk

Bisa Turunkan LDL di Tubuh, Konsumsi Buah yang Bagus untuk Kolesterol Ini yuk

MOMSMONEY.ID - Yuk, merapat! Dapatkan khasiat dari konsumsi buah yang bagus untuk kolesterol berikut ini, yuk. Bisa turunkan LDL Anda, lo.

Ternyata, beberapa jenis buah dapat efektif menurunkan LDL atau kolesterol jahat. Para penderita kolesterol tinggi disarankan untuk konsumsi buah-buah ini.

Tapi, apa saja buah yang bagus untuk kolesterol? Berikut ini MomsMoney memberikan beberapa rekomendasi buah yang baik untuk kolesterol:

1. Jeruk

Dikutip dari Eat This, penelitian menunjukkan, orang dewasa yang minum jus jeruk memiliki kadar kolesterol total dan LDL yang lebih rendah.

Pria yang minum jus jeruk juga 23% lebih sedikit berisiko memiliki kadar HDL rendah dibandingkan mereka yang tidak minum jus jeruk.

Mulai hari Anda dengan segelas jus jeruk bisa menjadi langkah baik untuk menjaga kadar kolesterol yang sehat.

Baca Juga: Larangan Makanan Kolesterol Ini, Ada 10 Pantangan yang Harus Dihindari

2. Semangka

Semangka adalah pilihan buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Semangka mengandung likopen yang dapat membantu mengurangi radikal bebas dan mencegah peningkatan kolesterol.

Menikmati jus semangka bisa menjadi cara menyegarkan untuk mendapatkan banyak nutrisi penting, termasuk likopen, terutama untuk menggantikan minuman manis dengan gula tambahan.

3. Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung.

Selain itu, sebuah studi di Nutrition Journal (2013) menunjukkan, alpukat dapat membuat Anda merasa kenyang selama 3-5 jam setelah dimakan.

Alpukat juga kaya akan glutathione, antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

Baca Juga: Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

4. Pir

Dikutip dari Hello Sehat, satu buah pir ukuran sedang bisa memenuhi 16% kebutuhan serat harian Anda. Seperti apel, pir juga mengandung pektin yang membantu mengikat kolesterol dan membuangnya dari tubuh, sehingga menurunkan kadar kolesterol LDL.

5. Beri

Buah beri, seperti stroberi, blueberry, dan raspberry, kaya akan serat pektin yang membantu mengikat kolesterol berlebih dalam usus.

Menurut studi di jurnal Nutrients (2019), mengonsumsi buah beri, baik dalam bentuk utuh, jus, atau ekstrak, dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

6. Anggur

Anggur juga termasuk buah yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Selain itu, anggur baik untuk melindungi tubuh dari gangguan metabolisme akibat radikal bebas.

Kandungan antioksidan dalam anggur membantu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) serta trigliserida dalam darah.

7. Pepaya

Buah ini kaya akan antioksidan, seperti likopen, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Antioksidan dalam pepaya bekerja sama dengan enzim paraxonase untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah, yang dapat mengurangi risiko aterosklerosis.

Baca Juga: Apa Penyebab Sakit Kepala setelah Keramas ya? Cek 3 Kemungkinan Penyebabnya

8. Jambu Biji

Jambu biji juga merupakan buah yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Buah ini mengandung kalium dan serat larut air yang membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah, serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah penyakit jantung.

9. Tomat

Tomat mengandung senyawa bernama likopen yang membantu menurunkan kadar LDL dalam darah. Selain itu, serat dalam tomat juga meningkatkan daya tahan kolesterol HDL terhadap oksidasi, sehingga kolesterol baik ini tidak mudah hancur dalam tubuh.

Baca Juga: Segudang Khasiat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Menarik untuk Diketahui

10. Kiwi

Sebuah studi di International Journal of Food Sciences and Nutrition (2009) menemukan, buah kiwi dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.

Penelitian tersebut menunjukkan, mengonsumsi dua buah kiwi setiap hari selama empat minggu dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dengan baik. Selain itu, kiwi juga menyediakan nutrisi penting lainnya seperti serat larut air, vitamin C, dan vitamin E.

Demikianlah rekomendasi buah yang bagus untuk kolesterol yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News