Bugar

Kadar Asam Urat Turun dengan Konsumsi Buah-buahan Ini, Lo

Kadar Asam Urat Turun dengan Konsumsi Buah-buahan Ini, Lo

MOMSMONEY.ID - Penderita gout dapat mengonsumsi beberapa buah yang paling cepat menurunkan asam urat.

Tingginya kadar asam urat dalam darah terjadi akibat penguraian purin, yang ditemukan dalam banyak makanan. Pengelolaan kadar asam urat tidak hanya melalui pengobatan medis tetapi juga dengan perubahan pola makan, termasuk konsumsi buah-buahan tertentu yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat.

Bersumber dari Gout Patients, ada delapan jenis buah yang paling cepat menurunkan asam urat, di antaranya sebagai berikut:

1. Ceri

Kandungan antosianin dalam ceri berperan penting dalam mengurangi inflamasi dan menurunkan tingkat asam urat. Studi menunjukkan bahwa konsumsi rutin ceri dapat mengurangi kemungkinan terjadinya serangan gout.

Baca Juga: Apakah Kacang Tanah Bisa Menyebabkan Asam Urat? Cek Jawabannya!

2. Apel

Apel mengandung asam malat, yang efektif dalam membantu memecah dan mengeliminasi asam urat dari dalam tubuh. Sebuah apel per hari bisa menjadi metode yang mudah untuk mengatur kadar asam urat.

3. Jeruk

Buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi, seperti jeruk, berperan dalam menurunkan kadar asam urat. Vitamin C bukan hanya memperkuat sistem imun, tapi juga berfungsi sebagai diuretik yang alami, memfasilitasi ginjal untuk membuang asam urat lebih efisien.

Baca Juga: 5 Resep Tradisional Ramuan untuk Kolesterol yang Bisa Anda Coba

4. Nanas

Nanas kaya akan bromelain, enzim dengan sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan gejala gout. Bromelain juga mendukung pencernaan dan absorpsi protein yang lebih baik.

5. Pisang

Pisang sebagai sumber kalium yang baik. Kalium berperan dalam mengubah kristal urat menjadi cairan yang kemudian lebih mudah dikeluarkan dari tubuh, serta membantu dalam pemulihan keseimbangan elektrolit.

Baca Juga: Tiba-Tiba Sakit dan Bengkak, Ketahui Ciri-Ciri Asam Urat di Tangan Berikut

6. Semangka

Semangka, buah yang ideal untuk hidrasi, juga kaya akan kalium. Konsumsi buah ini mendukung pengeluaran toksin dari tubuh, termasuk kelebihan asam urat.

7. Anggur

Anggur mengandung asam yang membantu memecah dan mengeliminasi asam urat dari tubuh. Selain itu, anggur juga kaya akan antioksidan yang mendukung kesehatan jantung dan mengurangi inflamasi.

Baca Juga: Bengkak dan Kemerahan, Inilah Ciri-ciri Asam Urat di Lutut serta Penyebabnya

8. Berry (Stroberi, Blueberry, Raspberry)

Berbagai jenis berry merupakan sumber yang kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C dan antosianin. Kandungan tersebutlah yang kelak berkontribusi pada pengurangan inflamasi dan pengelolaan tingkat asam urat.

Demikianlah pembahasan terkait beberapa buah yang paling cepat menurunkan asam urat. Mengombinasikan diet sehat dengan gaya hidup aktif dan pengobatan yang tepat dapat membantu dalam mengontrol kadar asam urat dan mencegah serangan gout di masa depan.

Selanjutnya: Harga Minyak Turun lebih dari 1% Dalam Sepekan, Pasar Menimbang Permintaan China

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News