Bugar

Larangan Makanan Kolesterol Ini, Ada 10 Pantangan yang Harus Dihindari

Larangan Makanan Kolesterol Ini, Ada 10 Pantangan yang Harus Dihindari

MOMSMONEY.ID - Catat ini! Sebaiknya hindari konsumsi beberapa larangan makanan kolesterol berikut ini, ya.

Salah satu cara efektif untuk mengontrol kolesterol adalah dengan memahami dan menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Apa saja sih larangan makanan kolesterol sebenarnya? Merangkum dari laman Halodoc dan Klik Dokter, inilah daftarnya:

1. Udang

Dibandingkan dengan makanan laut lain seperti ikan dan cumi, udang memiliki kolesterol yang paling tinggi. Jika Anda ingin makan makanan laut, pastikan untuk menyeimbangkannya dengan sayur dan buah-buahan segar.

Baca Juga: Apa Penyebab Sakit Kepala setelah Keramas ya? Cek 3 Kemungkinan Penyebabnya

2. Gorengan

Makanan yang digoreng, seperti tahu, tempe, bakwan, martabak telur, dan ayam goreng, memiliki kolesterol yang tinggi, terutama jika digoreng menggunakan minyak yang sudah digunakan berulang kali.

Sebagai alternatif, cobalah metode memasak yang lebih sehat seperti mengukus atau merebus.

3. Lemak jenuh

Hindari makanan yang kaya lemak jenuh seperti santan kelapa, daging olahan (seperti kornet dan sosis), minyak sawit, dan mentega. Gantilah dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti menggunakan minyak zaitun.

Daging olahan seperti sosis, bacon, dan ham mengandung kolesterol tinggi dan telah terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar.

Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi 50 gram daging olahan per hari dapat meningkatkan risiko penyakit jantung hingga 42%.

Baca Juga: Segudang Khasiat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Menarik untuk Diketahui

4. Lemak trans

Lemak trans sering ditemukan dalam margarin dan minyak kelapa. Pilihlah produk yang bebas atau rendah lemak trans untuk mengurangi asupan kolesterol.

5. Jeroan

Jeroan seperti hati, otak, usus, ampela, dan jantung dari ayam atau sapi tinggi kolesterol jahat. Lebih baik memilih potongan daging yang rendah lemak daripada organ dalam.

Baca Juga: Intip Manfaat Bekam untuk Kesehatan Tubuh di Sini, Ada 9 Manfaat

6. Kulit hewan

Kulit ayam atau sapi mengandung lebih banyak lemak jenuh dibanding dagingnya sendiri, yang dapat meningkatkan kolesterol. Hindari mengonsumsi kulit bersama dengan dagingnya.

7. Telur ayam

Telur, terutama kuning telurnya, mengandung kolesterol yang tinggi. Hindari mengonsumsi telur secara berlebihan, terutama yang digoreng. Sebagai alternatif, pilih sumber protein lain seperti tahu dan tempe.

Baca Juga: Kacang untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi, Catat Daftarnya

8. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, dan burger sering kali tinggi kolesterol karena cara pengolahannya. Sebaiknya batasi konsumsi makanan jenis ini.

9. Produk susu berlemak tinggi

Produk susu seperti susu penuh lemak, yogurt, dan keju mengandung lemak jenuh yang tinggi. Untuk menjaga kadar kolesterol, lebih baik memilih produk susu rendah lemak atau non-fat.

Baca Juga: 10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah dari Plak dan Kolesterol, Ini Daftarnya

10. Es krim

Es krim umumnya tinggi lemak dan gula, yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Sebagai alternatif yang lebih sehat, pilihlah es krim yang rendah lemak atau sorbet.

Itulah beberapa larangan makanan kolesterol yang dapat Anda hindari atau batasi konsumsinya. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News