Bugar

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Asam Lambung, Cek di Sini yuk

MOMSMONEY.ID - Merapat ke sini, yuk! Berikut adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita asam lambung. Apa saja?

Jika Anda sering mengalami asam lambung naik, memilih makanan yang tepat bisa membantu mengurangi risiko dan mengelola gejala.

Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita asam lambung konsumsi:

1. Sayuran

Sayuran rendah lemak dan gula, membuatnya pilihan yang baik untuk mengurangi risiko asam lambung. Beberapa pilihan yang baik termasuk buncis, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

Tambahkan bumbu seperti kunyit atau kayu manis untuk variasi rasa, tapi hindari mentega, lemon, saus tomat, dan saus salad yang bisa meningkatkan risiko refluks.

Baca Juga: 10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah dari Plak dan Kolesterol, Ini Daftarnya

2. Jahe

Jahe dikenal dengan sifat anti-inflamasinya dan sering digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan dan mual. Jahe membantu mempercepat pengosongan lambung, yang bisa mengurangi risiko asam lambung.

Tambahkan jahe parut atau iris ke dalam masakan atau minum teh jahe untuk meredakan gejala. Namun, perlu dicatat bahwa pada beberapa orang, jahe bisa memicu heartburn.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah biji-bijian utuh yang kaya serat dan dapat menyerap asam lambung, sehingga mengurangi kemungkinan refluks. Makan makanan tinggi serat juga dikaitkan dengan risiko refluks asam yang lebih rendah. Pilihan lain yang kaya serat termasuk roti gandum utuh dan beras merah.

Baca Juga: Apakah Aman Mandi Setelah Makan bagi Kesehatan? Cari Tahu Jawabannya

4. Buah non-jeruk

Buah seperti melon, pisang, apel, dan pir cenderung tidak memicu gejala refluks asam dibandingkan dengan buah-buahan asam. Buah-buahan ini juga kaya serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Daging tanpa lemak dan makanan laut

Daging tanpa lemak seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut rendah lemak lebih kecil kemungkinannya untuk memicu asam lambung. Pilih metode memasak yang lebih sehat seperti dipanggang atau direbus.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Rambut

6. Telur

Putih telur adalah pilihan rendah lemak dan tinggi protein yang bagus. Konsumsilah dalam bentuk putih telur yang direbus. Sementara itu, kuning telur dan telur goreng yang tinggi lemak malahan bisa memicu gejala refluks. Sehingga Anda sebaiknya menghindarinya.

7. Lemak sehat

Tubuh Anda membutuhkan lemak untuk berfungsi dengan baik. Jadi pilihlah lemak tak jenuh yang sehat seperti alpukat, kenari, biji rami, serta minyak zaitun, wijen, dan bunga matahari. Lemak ini cenderung tidak memicu asam lambung seperti lemak hewani dan lemak dalam makanan olahan.

Itulah beberapa makanan yang dianjurkan untuk penderita asam lambung konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News