Bugar

Apa Penyebab Sakit Kepala setelah Keramas ya? Cek 3 Kemungkinan Penyebabnya

Apa Penyebab Sakit Kepala setelah Keramas ya? Cek 3 Kemungkinan Penyebabnya

MOMSMONEY.ID - Dialami oleh beberapa orang, ternyata ini, lo, penyebab sakit kepala setelah keramas yang bisa Anda cek di sini.

Pernahkah Anda merasakan sakit kepala setelah keramas? Jika pernah, Anda pasti setuju bahwa kondisi tersebut membuat tidak nyaman.

Namun, apa sebenarnya penyebab sakit kepala setelah keramas sebenarnya? Menyadur dari Hello Sehat, inilah penyebabnya:

1. Suhu air terlalu dingin

Beberapa orang mungkin merasa bahwa mandi dengan air hangat tidak menyebabkan sakit kepala. Sementara keramas dengan air dingin sering kali membuat kepala dan mata mereka terasa sakit.

Paparan terhadap air dingin bisa membuat otak berpikir tubuh mengalami hipotermia. Ini dapat memicu gejala seperti pusing, sakit kepala, atau mual.

Baca Juga: Kacang untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi, Catat Daftarnya

2. Rambut basah

Sebuah studi di India yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of Indian Academy of Neurology menemukan, sekitar 14,5% peserta mengalami sakit kepala atau migrain setelah mencuci rambut mereka.

Kelembapan pada rambut menyebabkan penurunan suhu di area leher dan kepala, yang membuat otak kesulitan menyesuaikan suhunya. Ini bisa memicu sakit kepala setelah keramas.

3. Wangi sampo yang menyengat

Untuk orang dengan indra penciuman yang sangat sensitif, wangi sampo yang kuat bisa menjadi masalah. Aroma kuat dapat mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan rasa sakit, sehingga bisa memicu nyeri atau migrain yang intens.

Baca Juga: 10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah dari Plak dan Kolesterol, Ini Daftarnya

Nah, itulah beberapa penyebab sakit kepala setelah keramas. Melansir dari Alodokter, untuk mengatasi sakit kepala setelah keramas, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba, seperti:

  • Mandi dengan air hangat.
  • Memilih sampo dengan wangi yang lebih lembut atau tidak menyengat.
  • Mengeringkan rambut segera setelah basah.
  • Minum banyak air putih, dan jika perlu, air hangat.
  • Mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol jika diperlukan.

Baca Juga: 8 Rebusan Daun Penurun Darah Tinggi yang Dapat Anda Coba

Jika Anda sudah mencoba tips di atas tetapi masih sering mengalami sakit kepala yang berkepanjangan, ada baiknya melakukan konsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News