Bugar

Ternyata Ini 10 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Ternyata Ini 10 Manfaat Telur Asin bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Cukup banyak disukai orang Indonesia, ini beberapa manfaat telur asin bagi kesehatan tubuh yang tak banyak diketahui.

Telur asin tidak hanya lezat tetapi juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan. Telur asin dibuat melalui proses pengasinan yang meningkatkan umur simpannya dan mengubah teksturnya menjadi lebih lembut serta rasanya menjadi gurih.

Manfaat telur asin bagi kesehatan tubuh sendiri tak banyak diketahui orang. Menyadur dari laman Halodoc, berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan fungsi otak

Omega-3 dalam telur mendukung pertumbuhan sel otak dan mencegah masalah otak. Ini sangat baik bagi ibu hamil atau anak-anak. Kolin dalam kuning telur juga membantu meningkatkan kesehatan otak.

Baca Juga: Apa Penyebab Sakit Kepala setelah Keramas ya? Cek 3 Kemungkinan Penyebabnya

2. Menguatkan sistem imun

Selenium dalam telur asin mendukung sistem kekebalan tubuh. Kandungan tersebut dapat menjaga tubuh agar tetap kuat melawan penyakit.

3. Mencegah masalah tulang

Fosfor dan kalsium dalam telur asin membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Ini sangat penting untuk pertumbuhan tulang anak-anak dan remaja.

Baca Juga: Segudang Khasiat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Menarik untuk Diketahui

4. Mendukung regenerasi sel

Telur asin kaya akan protein yang membantu pembentukan dan perbaikan sel tubuh. Mengonsumsi telur asin dapat meningkatkan proses regenerasi sel dan menjaga sel-sel tubuh agar tetap sehat.

5. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi dalam telur asin membantu mencegah anemia, mengurangi gejala seperti mual, pusing, dan kelelahan. Namun, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

Baca Juga: Kacang untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi, Catat Daftarnya

6. Meningkatkan penglihatan

Telur asin mengandung vitamin A dan B yang membantu meningkatkan fungsi penglihatan, melindungi mata dari kekeringan, dan mencegah penyakit mata seperti katarak.

7. Melawan radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam telur asin membantu melawan radikal bebas, yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan juga bisa didapatkan dari makanan lain seperti teh dan buah-buahan segar.

Baca Juga: 10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah dari Plak dan Kolesterol, Ini Daftarnya

8. Melancarkan peredaran darah

Berbagai mineral dalam telur asin membantu melancarkan peredaran darah dengan melebarkan pembuluh darah.

9. Meningkatkan metabolisme dan massa otot

Protein dalam telur asin memberikan energi dan membantu tubuh memanfaatkan nutrisi, meningkatkan metabolisme, dan membangun massa otot.

Baca Juga: Konsumsi yuk, Pilihan Makanan untuk Perbaiki Fungsi Ginjal Ini

10. Menurunkan risiko penyakit

Karotenoid dalam kuning telur bebek, seperti karoten dan zeaxanthin, adalah antioksidan yang melindungi sel dan DNA dari kerusakan. Konsumsi telur asin dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Demikianlah manfaat telur asin bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda ketahui. Meskipun begitu, konsumsi telur asin juga tidak boleh berlebihan, ya. Ini karena telur asin mengandung lemak dan garam yang tinggi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News