Bugar

Bagus untuk Otak Anda, Intip 10 Manfaat Konsumsi Apel untuk Kesehatan yuk

Bagus untuk Otak Anda, Intip 10 Manfaat Konsumsi Apel untuk Kesehatan yuk

MOMSMONEY.ID - Apel sering disebut sebagai buah yang menyehatkan karena kandungan nutrisinya yang dapat mendukung berbagai aspek kesehatan. Apakah Anda penasaran apa saja manfaat konsumsi apel untuk kesehatan?

Sebuah apel sedang seberat 200 gram menyediakan sekitar 104 kalori, 28 gram karbohidrat, dan 5 gram serat. Apel juga sumber yang baik dari vitamin C, tembaga, kalium, vitamin K, serta polifenol, yang merupakan antioksidan yang mungkin berkontribusi terhadap manfaat kesehatan buah ini.

Momsmoney telah merangkum sejumlah manfaat konsumsi apel untuk kesehatan sebagai berikut:

1. Menstabilkan gula darah

Melansir dari Cleveland Clinic, apel yang tinggi serat dan rendah gula dapat membantu menjaga kestabilan gula darah Anda. Mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti apel berbanding terbalik dengan efek makanan manis dan olahan, yang biasanya memicu lonjakan gula darah.

Kestabilan ini penting karena gula darah tinggi yang berkelanjutan bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Penelitian menunjukkan, orang yang rutin mengonsumsi lebih dari satu apel per hari memiliki peluang 28% lebih rendah untuk mengembangkan diabetes tipe 2 dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Baca Juga: 7 Khasiat Pare untuk Kesehatan, Bisa Menurunkan Kolesterol lo

2. Menurunkan kolesterol

Apel dapat membantu menurunkan kolesterol, faktor risiko utama penyakit jantung, berkat kombinasi antioksidan dan seratnya, khususnya pektin. Pektin membantu mengikat kolesterol di saluran pencernaan, yang kemudian membantu mengeluarkannya dari tubuh.

Studi menunjukkan, mengonsumsi beberapa apel setiap hari bisa menurunkan kolesterol total sekitar 5% hingga 8%.

3. Mengurangi tekanan darah

Konsumsi apel dapat membantu mengurangi tekanan darah, sebuah faktor risiko signifikan untuk serangan jantung dan stroke. Penelitian di Australia menemukan bahwa mengonsumsi apel bisa menurunkan tekanan darah.

Meskipun hasil penelitian lain beragam, antioksidan dalam kulit apel mendukung aliran darah yang sehat.

Baca Juga: Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol yang Dapat Anda Coba

4. Meredakan peradangan

Peradangan kronis bisa merusak tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit. Apel mengandung quercetin dan serat, yang keduanya memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan, terutama di sistem pernapasan.

Studi juga menemukan bahwa mengonsumsi apel dapat menurunkan kadar protein c-reaktif, sebuah indikator peradangan di dalam tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Dikutip dari Healthline, apel tinggi serat dan air, sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Studi menunjukkan bahwa makan apel utuh bisa lebih mengenyangkan dibandingkan dengan mengkonsumsi jumlah jus apel yang sama.

Penelitian juga menunjukkan, asupan apel dapat menurunkan Indeks Massa Tubuh (BMI) dan memiliki efek anti-obesitas karena kandungan polifenolnya.

Baca Juga: Mengulik 7 Khasiat Daun Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Mengusir Stres lo

6. Meningkatkan kesehatan usus

Apel mengandung pektin, jenis serat yang berfungsi sebagai prebiotik. Konsumsi apel mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus, yang esensial untuk kesehatan pencernaan dan melindungi tubuh dari penyakit seperti obesitas dan penyakit jantung.

Makan apel bisa mendukung pencernaan yang sehat dan mungkin mengurangi gejala penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Serat dalam apel juga dapat membantu proses pencernaan dan mengatasi sembelit.

7. Potensi pencegahan kanker

Antioksidan dalam apel, terutama polifenol, mungkin membantu melawan beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru dan payudara, dengan mencegah perkembangan sel kanker.

Baca Juga: 12 Camilan untuk Penderita Diabetes yang Menyehatkan, Mau Coba?

8. Membantu melawan asma

Antioksidan dalam apel, seperti quercetin, dapat membantu mengurangi inflamasi yang berkaitan dengan asma alergi dan mendukung kesehatan saluran pernapasan.

9. Perlindungan otak

Quercetin dalam apel melindungi otak dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan mencegah kondisi seperti penyakit Alzheimer. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi manfaat ini.

Baca Juga: Perkuat Imun hingga Cegah Kanker, Intip 12 Manfaat Sawo untuk Kesehatan yuk!

10. Panjang umur

Mengonsumsi apel secara teratur mungkin terkait dengan umur panjang. Studi menunjukkan bahwa orang yang makan apel setiap hari memiliki peluang lebih rendah untuk meninggal dari penyakit jantung atau kanker, dua penyebab utama kematian.

Konsumsi apel juga dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena kanker paru-paru, menurut penelitian besar yang melibatkan 77.000 orang.

Demikianlah beberapa manfaat konsumsi apel untuk kesehatan yang bisa Anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Lewat Partai Gerindra, Adik Kandung Mantan Ajudan Jokowi Bakal Maju Pilkada Boyolali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News