Bugar

Susah BAB? Konsumsi Buah Tinggi Serat Berikut Ini, yuk!

Susah BAB? Konsumsi Buah Tinggi Serat Berikut Ini, yuk!

MOMSMONEY.ID - Serat adalah elemen krusial yang mendukung kesehatan sistem pencernaan. Mengonsumsi buah-buahan kaya serat bisa membantu memperlancar proses buang air besar (BAB). Namun, apa saja sih rekomendasi buah tinggi serat untuk melancarkan BAB?

Momsmoney telah merangkumkan beberapa buah tinggi serat untuk melancarkan BAB sebagai berikut, merangkum dari laman Healthline dan Medical News Today:

1. Apel

Sebuah apel sedang dengan kulitnya, sekitar 200 gram, mengandung 4,8 gram serat. Apel juga mengandung pektin, yang telah terbukti meningkatkan frekuensi buang air besar, mengurangi kekerasan dan durasi tinja, serta mengurangi kebutuhan akan obat pencahar.

Baca Juga: 10 Manfaat Semangka untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Tekanan Darah

2. Pir

Buah pir berukuran sedang (178 gram) menyediakan 5,5 gram serat. Kandungan sorbitol dan fruktosa di dalam pir bertindak sebagai pencahar ringan.

Fruktosa yang berlebih dapat menarik air ke dalam usus dan membantu proses buang air besar. Efektivitas pir ini memerlukan penelitian lebih lanjut untuk konfirmasi.

3. Prune (Prem Kering)

Seperempat cangkir (40 gram) prune mengandung hampir 3 gram serat, yang meningkatkan volume tinja. Serat dalam prune juga menahan air dan menghasilkan asam lemak yang berkontribusi pada peningkatan berat tinja. Sorbitol, gula alkohol dalam prune, dapat memiliki efek pencahar bagi sebagian orang.

4. Kiwi

Satu buah kiwi (75 gram) mengandung sekitar 2,3 gram serat. Kiwi dikenal membantu mengurangi sembelit dengan meningkatkan konsistensi tinja dan mengurangi durasi, sakit perut, dan ketidaknyamanan. Efek ini ada karena terdapat enzim actinidin yang berperan positif terhadap motilitas usus.

Baca Juga: Khasiat Air Kelapa untuk Diet, Intip Cara Konsumsinya!

5. Buah Ara

Setengah cangkir (50 gram) buah ara kering menyediakan 7,3 gram serat. Konsumsi buah ara secara teratur dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar dan mengurangi ketidaknyamanan perut seperti nyeri atau kembung.

6. Jeruk

Satu buah jeruk (154 gram) mengandung 3,7 gram serat, sedangkan satu buah jeruk bali (308 gram) menyediakan hampir 5 gram serat.

Pektin dan flavanol seperti naringenin dalam kulit jeruk dapat membantu mengurangi sembelit. Meskipun penelitian pada tikus menunjukkan efek pencahar, studi lebih lanjut pada manusia diperlukan.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 12 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sangat Menyehatkan

7. Blackberry dan Raspberry

Blackberry dan rasberry sangat kaya akan serat serta air. Keduanya bermanfaat dalam mengurangi sembelit. Mengonsumsi satu atau dua genggam blackberry atau raspberry yang sudah dicuci setiap hari bisa sangat membantu melancarkan BAB.

Demikianlah rekomendasi buah tinggi serat untuk melancarkan BAB yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News