Bugar

Segudang Khasiat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Menarik untuk Diketahui

Segudang Khasiat Bayam Merah untuk Kesehatan yang Menarik untuk Diketahui

MOMSMONEY.ID - Terdapat sejumlah khasiat bayam merah untuk kesehatan yang jarang diketahui. Apa saja?

Bayam merah adalah sumber nutrisi yang sangat kaya dan memiliki berbagai manfaat kesehatan. Sayangnya tak banyak yang tahu akan khasiat yang dimilikinya.

Oleh karena itu, MomsMoney akan mengulasnya lebih dalam terkait khasiat bayam merah untuk kesehatan. Menyadur dari Hello Sehat, di bawah ini adalah beberapa khasiatnya:

1. Mendukung pencernaan sehat

Bayam merah tinggi serat yang mendukung kesehatan pencernaan dengan membantu pergerakan usus, mencegah sembelit, dan mendukung mikroba usus yang sehat dengan fungsi prebiotiknya.

Baca Juga: Kacang untuk Penderita Diabetes yang Aman Dikonsumsi, Catat Daftarnya

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan karotenoid seperti lutein dalam bayam merah membantu melindungi mata dari kerusakan akibat stres oksidatif, yang bisa menyebabkan kondisi seperti katarak dan degenerasi makula.

3. Meningkatkan hemoglobin

Bayam merah bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin, yang sangat bermanfaat bagi orang yang menderita anemia. Kekurangan hemoglobin sering menyebabkan kelelahan dan lemas.

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi bayam merah dapat meningkatkan hemoglobin, meskipun penelitian ini masih terbatas.

Baca Juga: 10 Makanan Pembersih Pembuluh Darah dari Plak dan Kolesterol, Ini Daftarnya

4. Mengontrol gula darah

Bagi penderita diabetes, menjaga gula darah stabil adalah tantangan besar. Bayam merah dapat membantu mengontrol ini karena memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat.

5. Kaya antioksidan

Penelitian telah menunjukkan bahwa batang bayam merah kaya akan antioksidan flavonoid yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Antioksidan ini penting untuk mencegah penyakit jantung, pembuluh darah, dan kanker. Namun, masih diperlukan banyak studi dalam membuktikan hal ini.

Baca Juga: 8 Rebusan Daun Penurun Darah Tinggi yang Dapat Anda Coba

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bayam merah kaya akan vitamin C, yang tidak hanya membantu melawan infeksi dan mempercepat penyembuhan, tapi juga meningkatkan produksi dan efektivitas sel darah putih dalam melawan infeksi.

Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan yang melawan stres oksidatif, yang berhubungan dengan perkembangan penyakit kronis.

7. Sumber protein nabati

Bayam merah juga merupakan sumber protein nabati yang baik, dengan 2,2 gram protein per 100 gram. Ini adalah alternatif yang lebih sehat dan rendah lemak dibandingkan protein hewani.

Baca Juga: Konsumsi yuk, Pilihan Makanan untuk Perbaiki Fungsi Ginjal Ini

8. Menyehatkan pembuluh darah dan jantung

Kalium dalam bayam merah membantu mengurangi tekanan darah dengan mengeluarkan natrium melalui urine dan mengendurkan pembuluh darah. Konsumsi bayam merah juga mendukung kesehatan otot jantung dan mencegah irama jantung yang tidak teratur.

Itulah beberapa khasiat bayam merah untuk kesehatan yang dapat Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News