Bugar

Berikut Cara Cegah Dampak Polusi Udara pada Anak

Berikut Cara Cegah Dampak Polusi Udara pada Anak

MOMSMONEY.ID - Polusi udara memburuk, berikut ini cara mencegah dampak polusi udara pada anak.

Dampak polusi udara tidak hanya pada lingkungan, tetapi juga berefek serius pada kesehatan anak-anak. Oleh karena itu, sebaiknya jaga anak dari kondisi ini. 

Sebagai orangtua dan masyarakat, kita memiliki peran penting dalam melindungi kesehatan anak-anak dari bahaya polusi udara.

Elizabeth Wowor, Dokter Spesialis Anak dari Klinik Mom and Child, menyampaikan, beberapa langkah yang bisa diterapkan. 

Pertama-tama, coba pantau kualitas udara dengan cara mengetahui tingkat polusi di daerah tempat tinggal Anda.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Jenis Penyakit yang Bisa Muncul Akibat Polusi Udara

"Pemantauan kualitas udara dapat membantu Anda mengambil tindakan pencegahan jika tingkat polusi meningkat," kata Elizabeth. 

Selanjutnya, coba untuk memilih waktu aktivitas luar ruangan secara tepat. Saran Elizabeth, hindari aktivitas luar ruangan pada periode waktu di mana tingkat polusi udara paling tinggi, seperti pagi hari atau saat cuaca buruk.

Kembali seperti zaman pandemi, ada baiknya menggunakan masker. Menurut Elizabeth, untuk daerah dengan tingkat polusi tinggi, anak-anak sebaiknya menggunakan masker khusus yang dirancang untuk melindungi saluran pernapasan mereka.

Kemudian, orang tua sebisa mungkin memperhatikan pola pernapasan anak.

Baca Juga: Picu Keguguran dan Autisme, Ini Sederet Dampak Polusi Udara yang Ganggu Kesehatan

"Ajari anak-anak untuk bernapas melalui hidung, karena hidung berfungsi sebagai filter alami yang dapat membantu mengurangi risiko partikel masuk ke dalam paru-paru," ujar Elizabeth. 

Sebagai orang tua, sebaiknya juga bisa mendukung kampanye pengurangan polusi udara dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan membuang sampah dengan benar. 

Lantas, pastikan anak-anak mendapatkan asupan nutrisi yang baik, cukup istirahat, dan aktivitas fisik yang teratur untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News