Bugar

Cara Konsumsi Chia Seed untuk Diet Menurunkan Berat Badan

 Cara Konsumsi Chia Seed untuk Diet Menurunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Bagaimanakah cara konsumsi chia seed untuk diet penurunan berat badan?

Chia seed dianggap bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan dan membantu dalam usaha menurunkan berat badan. Keefektifan ini dikaitkan dengan kemampuan biji chia untuk menyerap air, membengkak, dan kandungan seratnya yang tinggi, yang dapat memperpanjang sensasi kenyang. Ini menjadikan biji chia sebagai pilihan untuk mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan.

Menurut Healthline, mengonsumsi dua sendok makan biji chia, yang merupakan sumber serat yang baik, menyediakan sekitar 10 gram serat, yakni sekitar 40% dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet yang tinggi serat dapat berkontribusi pada pengurangan berat badan. Sebuah studi pada tahun 2015 menyatakan bahwa mengonsumsi 30 gram serat setiap hari dapat seefektif diet kompleks lainnya dalam menurunkan berat badan.

Namun, penelitian yang ada belum secara konklusif mendukung klaim bahwa biji chia secara langsung mempengaruhi penurunan berat badan.

Baca Juga: Kaitan Turun Berat Badan dan Kanker yang Perlu Anda Tahu

Perlu dicatat bahwa biji chia mengandung kalori dan lemak dalam jumlah signifikan, dengan dua sendok makan biji chia mengandung 138 kalori dan 9 gram lemak (termasuk 1 gram lemak jenuh).

Meskipun konsumsi biji chia dalam jumlah moderat dapat membantu mempertahankan rasa kenyang, mengonsumsinya dalam jumlah besar bisa meningkatkan asupan kalori melebihi kebutuhan harian.

Biji chia merupakan tambahan yang fleksibel dan bergizi untuk berbagai hidangan. Selain itu, biji chia bisa meningkatkan nilai gizi makanan tanpa mengubah rasa secara signifikan. Berikut adalah beberapa cara konsumsi chia seed untuk diet:

1. Smoothie

Menambahkan biji chia ke dalam smoothie bukan hanya meningkatkan kandungan serat, tetapi juga membuat smoothie menjadi lebih kental. Biji chia bisa dicampurkan langsung ke dalam blender bersama dengan bahan-bahan lain atau direndam terlebih dahulu untuk membentuk gel.

Baca Juga: Benarkah Makan Kimchi Bisa Turunkan Berat Badan? Cek Penjelasan dari Studi

2. Oatmeal

Taburkan biji chia di atas oatmeal yang sudah dimasak untuk menambah tekstur dan nutrisi. Biji chia akan menyerap cairan dari oatmeal dan mengembang, memberikan sensasi kenyang yang lebih lama.

3. Salad

Menambahkan biji chia ke dalam salad dapat meningkatkan kandungan serat dan omega-3 dari salad Anda.

Baca Juga: Jus Sayuran Apa yang Bagus untuk Diet ya? Ini Daftarnya Moms

4. Dressing salad

Campurkan biji chia ke dalam dressing salad untuk membuat tekstur yang lebih kaya dan menambahkan nilai gizi. Biji chia juga bisa membantu mengentalkan dressing tanpa perlu tambahan bahan pengental.

5. Yogurt

Menaburkan biji chia ke atas yogurt akan menambah tekstur, serat, dan protein. Ini merupakan cara mudah untuk membuat snack atau sarapan menjadi lebih bergizi.

Baca Juga: Tetap Bugar, Ini Rekomendasi Olahraga yang Aman di Bulan Puasa

6. Sup atau saus

Mengintegrasikan biji chia ke dalam resep sup atau saus tidak hanya menambahkan nutrisi tetapi juga membantu menebalkan tekstur saus atau sup, berkat kemampuan biji chia untuk menyerap cairan.

7. Muffin dan roti buatan sendiri

Menambahkan biji chia ke dalam adonan muffin atau roti bukan hanya meningkatkan nilai gizi, tetapi juga memberikan tekstur menarik pada hasil panggangan.

Baca Juga: Tampil Langsing Saat Lebaran, Terapkan Cara Diet di Bulan Puasa Ini

8. Pengganti telur

Untuk resep yang memerlukan telur sebagai pengikat, biji chia bisa menjadi alternatif bagi mereka yang vegan atau alergi telur. Campuran biji chia dan air dapat membentuk gel yang mirip dengan tekstur telur.

9. Puding chia

Salah satu cara paling populer untuk mengonsumsi biji chia adalah dengan membuat puding chia. Rendam biji chia dalam susu (dapat menggunakan susu nabati) dan biarkan semalaman di kulkas. Biji chia akan membentuk gel yang mirip dengan puding, yang bisa dinikmati dengan tambahan buah segar atau sirup untuk rasa.

Nah, demikianlah pembahasan terkait cara konsumsi chia seed untuk diet. Chia seed menawarkan berbagai cara penggunaan yang fleksibel dan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam diet sehari-hari, apakah itu sebagai bagian dari makanan atau sebagai camilan. Namun, penting untuk diingat bahwa konsumsi chia seed harus disertai dengan diet seimbang dan aktivitas fisik teratur untuk hasil yang optimal.

Selanjutnya: Harga CPO Terus Naik Jelang Ramadan, Intip Prospeknya Berikut Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News