Bugar

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cobain yuk!

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cobain yuk!

MOMSMONEY.ID - Bagaimana cara menguruskan badan tanpa olahraga ya? Ini mungkin terdengar seperti mimpi bagi sebagian orang.

Namun, kenyataannya, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan sehari-hari untuk membantu menurunkan berat badan tanpa harus berlama-lama di gym atau melakukan latihan yang melelahkan.

Mengutip dari Healthline, berikut ini adalah sembilan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa Anda coba:

Baca Juga: 6 Tips Diet Cepat agar Berat Badan Ideal, Ayo Coba!

1. Kunyah makanan secara perlahan

Diperlukan waktu bagi otak Anda untuk menyadari bahwa Anda sudah merasa kenyang setelah makan. Mengunyah makanan secara perlahan akan membantu untuk pengurangan asupan makanan, peningkatan perasaan kenyang, dan mengurangi ukuran porsi makan.

Selain itu, seberapa cepat Anda menghabiskan makanan juga dapat berdampak pada berat badan Anda. Sebuah tinjauan dari delapan penelitian menemukan, mereka yang makan dengan lambat memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang makan dengan cepat.

2. Makan lebih banyak protein

Protein memiliki dampak yang signifikan pada nafsu makan. Ini karena kemampuannya meningkatkan rasa kenyang. Protein dapat mempengaruhi hormon-hormon tertentu yang terlibat dalam mengatur sensasi lapar dan kenyang, seperti ghrelin dan glukagon-like peptide-1 (GLP-1).

Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengonsumsi sarapan tinggi protein yang mencakup telur dan roti panggang mengalami penurunan rasa lapar dan mengonsumsi lebih sedikit kalori di masa mendatang. Contoh makanan kaya protein termasuk dada ayam, ikan, yogurt Yunani, lentil, quinoa, dan almond.

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Mengecilkan Perut, Dijamin Cepat Langsing!

3. Konsumsi makanan berserat

Mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat meningkatkan perasaan kenyang, sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Penelitian juga menunjukkan bahwa jenis serat tertentu, yaitu serat kental, memiliki peran penting dalam menurunkan berat badan. Serat kental membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan makanan.

Serat kental membentuk sebuah gel saat tercampur dengan air. Gel ini memperlambat proses penyerapan nutrisi dan memperlambat pencernaan di dalam perut Anda.

Serat kental secara eksklusif ditemukan dalam makanan nabati, termasuk kacang-kacangan, sereal gandum, kubis Brussels, asparagus, jeruk, dan biji rami.

4. Minum air putih sebelum makan

Minum air putih dapat membantu mengurangi asupan makanan dan mendukung penurunan berat badan, terutama jika diminum sebelum makan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, tanpa secara signifikan memengaruhi perasaan kenyang.

Studi lain memperlihatkan, minum 1 liter (568 mililiter) air sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori dan rasa lapar.

Baca Juga: Air Lemon untuk Diet, Bisa Bikin Turun Berat Badan lo

5. Kurangi minuman manis

Konsumsi berlebihan minuman manis, seperti soda, berpotenis meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Mengonsumsi kalori dalam bentuk cairan, seperti minuman manis, dapat menyebabkan konsumsi kalori yang berlebihan karena tidak memberikan perasaan kenyang seperti makanan padat.

Mengurangi asupan minuman manis dapat membantu dalam upaya penurunan berat badan. Menurut sebuah penelitian, mengganti minuman manis dengan minuman rendah kalori atau tanpa kalori telah dapat menurunkan berat badan, indeks massa tubuh, dan persentase lemak tubuh.

Nah, itulah kelima cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa Anda coba. Menguruskan badan tanpa olahraga intens memang membutuhkan kesabaran dan konsistensi.

Dengan mengadopsi langkah-langkah di atas ke dalam gaya hidup sehari-hari, Anda dapat melihat perubahan positif pada berat badan dan kesehatan Anda. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News