Keluarga

Tips Memasak ala Koki Profesional Supaya Nutrisi dalam Makanan Tak Menguap

Tips Memasak ala Koki Profesional Supaya Nutrisi dalam Makanan Tak Menguap

MOMSMONEY.ID - Ada beragam tips memasak yang kerap diberikan oleh koki profesional supaya nutrisi dalam makanan tak hilang menguap akibat terlalu lama dipanaskan.

Seringkali orang menganggap bahwa menggoreng adalah proses memasak yang mudah. Namun, anggapan ini tak sepenuhnya benar.

Ada beberapa tips menggoreng yang jarang orang tahu, namun kerap digunakan oleh para profesional di dunia kuliner. Seperti apa tips-tipsnya? Mari simak artikel berikut ini.

Baca Juga: Parchment Paper vs Wax Paper, Ketahui Perbedaan hingga Jenis Pelapisnya

Jangan menggoreng terlalu lama

Tips menggoreng yang wajib Anda ketahui ialah dengan menghindari waktu yang terlalu lama saat menggoreng. Sebab ini akan memunculkan radikal tidak sehat yang terbentuk dalam minyak.

Gunakan minyak yang tepat

Para koki profesional selalu memilah & memilih minyak sebelum menggunakannya. Sebab ada jenis minyak yang tak bisa digunakan jika penggunaannya tak tepat.

Pada dasarnya, melansir dari Kosher, tipsnya adalah memilih minyak dengan titik asap yang sesuai. Jika ingin memasak dengan suhu sangat panas pada kisaran 400-550 derajat Celcius, maka gunakan minyak goreng yang memiliki titik asap tinggi.

Sebab apabila minyak goreng melewati batas tertinggi titik asapnya, maka makanan akan gosong & nutrisi akan hilang begitu saja.

Baca Juga: Bikin Cepat Rusak, Ketahui 7 Jenis Makanan yang Tak Boleh Dihaluskan dalam Blender

Tips Menggoreng

Baca Juga: 6 Tips Pintar Simpan Sayuran Hijau Supaya Awet Selama Seminggu Penuh

Jaga suhu dengan termometer

Menurut para koki profesional yang dikutip melalui Southern Fry Kings, kunci utama menggoreng yang benar adalah dengan mengatur suhu yang tepat. Maka termometer penggorengan wajib Moms miliki di dapur.

Namun jika tak memiliki termometer minyak, ada trik sederhana untuk mengatur suhu minyak dengan tepat:

  1. Indikator minyak dingin: Jika makanan yang di masukkan ke dalam minyak menjadi tenggelam tanpa muncul kembali ke permukaan, itu menandakan minyak telah mendingin.
  2. Indikator minyak panas: jika makanan yang digoreng mengapung di atas minyak, berarti minyak sudah panas.

Pendekatan terbaik lainnya adalah dengan mencelupkan sepotong makanan kecil ke dalam minyak. Jika warnanya menjadi gelap dalam beberapa detik, maka minyak dipastikan sangat panas.

Menggoreng dengan minyak dingin akan membuat makanan jadi lembek. Sementara menggoreng dengan minyak sangat panas akan membuat bagian luarnya menggelap, sedangkan bagian dalamnya mentah.

Baca Juga: Dijamin Aman, Inilah 6 Pengawet Makanan Alami yang Jarang Orang Tahu

Jangan sering menggunakan minyak berkali-kali

deep frying

Melansir Leonardo Olive Oil, semakin sering minyak terkena suhu tinggi (dipakai untuk menggoreng), semakin mudah minyak terurai. Akibatnya, radikal bebas dilepaskan ke dalam makanan.

Batas maksimal penggunaan minyak sebaiknya berhenti di dua kali pemakaian saja.

Baca Juga: Bisa Jadi Racun untuk Tubuh, Inilah 5 Tips Hindari Sayur Bayam Menghitam

Hilangkan gelembung minyak

Saat menggoreng, tak jarang minyak jadi berbusa & menggelembung. Sayangnya, gelembung minyak tak bagus untuk makanan.

Sebab gelembung minyak menyulitkan Anda untuk melihat warna makanan yang digoreng. Apakah sudah berwarna kuning keemasan (indikasi makanan sudah matang sempurna), ataukah belum.

Tips menghilangkan gelembung minyak yang mengganggu adalah dengan menambahkan sejumput kunyit ke dalam minyak setiap kali busa terbentuk.

Demikian berbagai tips menggoreng ala koki profesional yang bisa Moms ikuti di rumah. Dengan mengikuti tips di atas, dijamin deh masakanmu akan seperti buatan restoran bintang lima.

Selanjutnya: Mampu Meningkatkan Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain Dari Sayuran Hijau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News