Keluarga

6 Tips Pintar Simpan Sayuran Hijau Supaya Awet Selama Seminggu Penuh

6 Tips Pintar Simpan Sayuran Hijau Supaya Awet Selama Seminggu Penuh

MOMSMONEY.ID - Agar sayuran hijau bisa awet selama seminggu penuh, yuk ikuti sederet tips pintar yang berikut ini.

Sayuran hijau bisa mudah layu dan membusuk jika disimpan dengan cara yang tak tepat. Jika sudah begini, maka Moms hanya akan menghambur-hamburkan budget bulanan. Sebab sayuran akan terbuang sia-sia.

Untuk menghindari makanan yang terbuang begitu saja, yuk ikuti tips pintar menyimpan sayuran hijau yang berikut ini.

Baca Juga: Daftar Buah dan Sayuran yang Tak Boleh Disimpan Bersama, Bikin Cepat Busuk

Pilih yang berwarna hijau cerah

Agar sayuran hijau bisa awet selama seminggu penuh, cobalah mulai dengan memilih sayuran yang memiliki warna hijau cerah. Sayuran ini menandakan bahwa tanaman baru saja dipetik & tingkat kesegarannya masih tinggi.

Sementara itu, hindari memilih sayuran yang sudah terlihat layu. Sebab hal itu menandakan bahwa tingkat kesegaran sayuran tersebut sudah menurun drastis.

Simpan sayuran secara terpisah

Tak semua sayuran dapat disimpan berbarengan. Ada pula sayuran yang harus disimpan secara terpisah dari beberapa sayuran atau bahkan buah-buahan lainnya.

Baca Juga: Hindari yang Busuk, Begini Cara Mudah Pilih Pepaya Matang di Pasar

Melansir Clean Eating Mag, sayuran hijau wajib dipisahkan dari buah & sayuran yang mengandung gas etilen. Sebab gas etilen dikenal sebagai zat dalam sayur/buah tertentu yang dapat mempercepat proses pematangan dalam sayur/buah lainnya.

Beberapa sayuran yang memproduksi gas etilen di antaranya seperti tomat, paprika, apel, alpukat, hingga blewah.

Adapun sayuran yang sensitif terhadap gas etilen seperti sawi, selada, bayam, hingga kubis.

Baca Juga: 5 Tips Simpan Sayur Tanpa Kulkas, Kesegaran Sayuran Tetap Terjaga!

Pastikan sayuran hijau kering & bersih

Tips simpan sayuran hijau supaya awet selama seminggu penuh bisa dilakukan dengan membersihkannya terlebih dahulu.

Pertama-tama sebelum disimpan, coba cuci sayuran sampai bersih. Jangan lupa buang daun yang rusak dan layu. Tepuk-tepuk sayuran hijau dengan tisu hingga air berlebih dapat hilang. Barulah masukkan ke dalam kulkas.

Gunakan toples/wadah kedap udara

Sayuran hijau

Melansir Times of India, wadah kedap udara dapat meminimalkan paparan oksigen. Sebab semakin banyak sayuran yang terpapar oksigen, makin besar pula kemungkinan tanaman hijau jadi mudah layu.

Baca Juga: Salted Butter vs Unsalted Butter, Perbedaan 2 Tipe Mentega untuk Segala Jenis Masakan

Simpan sayuran hijau dalam kantong Ziploc

Jika mom membeli sayuran hijau dalam bentuk utuh dan tanpa kemasan produksi, maka cara yang paling tepat untuk menyimpannya supaya tetap segar adalah dengan cara yang berikut ini.

Anda hanya membutuhkan kantong Ziploc & paper towel. Cukup masukkan tisu ke dalam kantong hingga terisi satu sisi penuh. Kemudian masukkan sayuran satu per satu.

Perlu diingat, Moms tak boleh menyimpan sayur terlalu berdempetan supaya kesegarannya tetap terjaga & agar lebih banyak menyisakan ruang. Ini membantu memastikan banyak aliran udara di sekitar daun.

Setelah kantung terisi, tutup Ziploc dan masukkan sayuran ke dalam lemari es. Sayuran hijau pun bisa awet bertahan lama.

Baca Juga: Penyebab Mata Jadi Berair Saat Mengiris Bawang dan Cara Mengatasinya

Beli sedikit namun sering

Untuk menjaga sayuran hijau awet tahan lama, sebaiknya Moms membeli sayuran sedikit demi sedikit, namun dalam frekuensi yang lebih sering.

Selain bikin awet tahan lama, cara ini juga membuat Moms jadi lebih hemat pengeluaran. Sebab tak ada sayuran busuk yang dibuang secara cuma-cuma.

“Bagi saya, membeli sayuran hijau dalam jumlah kecil adalah cara yang paling tepat dalam menjaga kesegaran sayuran itu sendiri,” ujar Serif, seorang penulis sekaligus ahli gizi klinis dalam Clean Eating Mag.

Untuk Moms yang sedang ingin menghemat budget pengeluaran, mari ikuti sederet tips pintar simpan sayuran hijau supaya awet selama seminggu penuh seperti cara di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News