Keluarga

Simak Cara Mencuci Kain Batik Supaya Tidak Mudah Luntur!

Simak Cara Mencuci Kain Batik Supaya Tidak Mudah Luntur!

MOMSMONEY.ID - Yuk simak cara mencuci kain batik yang tepat supaya tidak mudah luntur!

Kain batik adalah salah satu jenis kain yang wajib dan pasti hampir sudah dimiliki seluruh penduduk di Indonesia. Untuk acara kantor, kegiatan resmi bersama kolega maupun di lingkup pendidikan, batik selalu digunakan. 

Baca Juga: Burger King Diskon sampai 50% di Paket Hari Ini Blitz 1-31 Desember 2023

Namun tak semua orang tahu cara mencuci dan merawat kain batik dengan tepat. Melansir berbagai sumber, mulai dari menyemprotkan parfum langsung ke batik, menyimpan dengan cara dilipat hingga menjemur batik secara langsung di bawah sinar matahari. Ini kebiasaan yang membuat rusak kain batik. 

Nah cara mencucinya pun tak boleh sembarangan. Jika salah, warna batik akan luntur. Tentunya menyedihkan melihat pola batik unik dan langka yang Anda miliki malah rusak. Maka dari itu yuk simak cara mencuci kain batik supaya tidak mudah luntur!

Memisahkan batik dengan pakaian lainnya
Pewarna yang digunakan untuk membentuk pola kain batik biasanya mudah luntur. Ini akan membuat baju batik Anda warnanya pudar dan melunturi baju lainnya. Maka ada baiknya untuk memisahkan kain batik dengan pakaian lainnya jika akan dicuci. 

Cuci secara manual dengan deterjen khusus atau shampoo
Deterjen umum biasanya memiliki sifat yang keras. Sehingga ada baiknya menggunakan deterjen khusus batik atau shampoo yang sifatnya tak terlalu keras untuk jenis kain batik yang cukup sensitif.

Cuci dengan lembut
Kain batik tidak boleh dicuci dengan gesekan yang kuat atau ini akan merusak warna batik. Sehingga, ada baiknya merendam kain batik dengan air hangat terlebih dahulu untuk pencucian kedua atau lebih. Sebab air hangat dipercaya bisa membersihkan kotoran dua kali lebih kuat dibanding air biasa.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Gadget, Berkedip Lebih Sering

Khusus untuk kain batik yang pertama kali dicuci, sebaiknya rendam dengan air biasa yang ditambahkan cuka. Rendam selama 30 menit. 

Setelah itu Anda bisa mencuci kain batik secara manual dengan dikucek. Namun usahakan kucek dengan lembut dan jangan terlalu keras. 

Jemur dengan dibentangkan
Tujuan menjemur batik dengan dibentangkan adalah agar serat batik tidak epat rusak dan mengerut. Jemur kain batik dengan dibentangkan namun usahakan di ruangan terbuka yang tidak langsung terkena sinar matahari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News