Bugar

Penderita Asam Urat Wajib Hindari Makanan dan Minuman Ini, Apa Saja?

Penderita Asam Urat Wajib Hindari Makanan dan Minuman Ini, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Sebenarnya, penderita asam urat wajib hindari makanan dan minuman apa saja, sih? Berikut adalah beberapa di antaranya. Bagi penderita asam urat, pengelolaan pola makan sangat penting untuk mengendalikan gejala dan mencegah serangan yang lebih parah. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat, karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Bersumber dari Healthline, inilah makanan dan minuman yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

Baca Juga: Jika Asam Urat Tidak Diobati, Apa yang Akan Terjadi?

1. Daging merah dan produk hewani

Daging merah, daging organ, dan produk hewani lainnya mengandung tinggi purin, yang merupakan senyawa yang memicu peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Itulah mengapa, penderita asam urat sebaiknya menghindari konsumsi daging merah, seperti sapi, domba, serta makanan olahan yang terbuat dari produk hewani, seperti sosis dan daging asap.

2. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol, terutama bir, anggur, dan minuman berbasis soda, dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh dan memicu serangan asam urat. Selain itu, alkohol dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat secara efisien yang menyebabkan penumpukan dalam darah. 

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

3. Minuman manis berkafein

Minuman manis berkafein, seperti minuman bersoda dan minuman energi, mengandung fruktosa yang dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi fruktosa yang berlebihan dapat meningkatkan risiko asam urat dan penyakit terkait lainnya. Penderita asam urat sebaiknya menghindari minuman manis berkafein dan memilih minuman yang lebih sehat, seperti air mineral atau teh herbal.

4. Makanan manis

Makanan ringan manis seperti kue, permen, dan produk serupa sering kali mengandung konsentrasi gula yang tinggi, yang dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, ekstrak ragi yang terdapat dalam makanan seperti sup kalengan juga dapat berkontribusi pada peningkatan tingkat asam urat.

Mengatur pola makan merupakan langkah penting dalam pengelolaan asam urat. Penderita asam urat wajib menghindari makanan dan minuman ini untuk mengurangi risiko serangan asam urat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Untung Rugi Kredit Mobil di Bank dan Multifinance

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News