Bugar

Wajib Tahu! 5 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Wajib Tahu! 5 Obat Asam Urat Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

MOMSMONEY.ID - Rasa nyeri akibat asam urat tentu menyiksa penderitanya. Mengonsumsi obat resep dokter mungkin jadi pilihan. Namun, beberapa orang lebih menyukai menggunakan obat asam urat alami.

Dikutip dari Healthline, di bawah ini adalah beberapa obat asam urat alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Wah, apa saja, ya?

Baca Juga: Menu Makanan Diet untuk Penderita Asam Urat, yuk Coba

1. Ceri

Ceri telah mendapat perhatian sebagai obat alami yang populer untuk asam urat, berdasarkan temuan dari survei tahun 2016.

Baik ceri asam maupun manis, merah atau hitam, dalam bentuk ekstrak, jus, atau dikonsumsi langsung, semua diakui karena khasiatnya dalam membantu pengobatan asam urat.

Penelitian pada tahun 2012 menunjukkan bahwa ceri efektif dalam mencegah serangan asam urat. Rekomendasi dari penelitian ini menyarankan konsumsi tiga porsi ceri dalam berbagai bentuk selama dua hari berturut-turut untuk mencapai efek yang diinginkan.

2. Jahe

Jahe merupakan obat asam urat alami selanjutnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan jahe dapat mengurangi nyeri akibat asam urat.

Selain itu, penelitian lainnya menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat menurunkan kadar asam urat. Untuk merasakan manfaat jahe, Anda bisa membuat kompres atau pasta dengan mencampurkan 1 sendok makan jahe segar parut ke dalam air mendidih.

Setelah itu, celupkan kain ke dalam campuran dan aplikasikan pada area yang nyeri setelah dingin, selama 15 hingga 30 menit setiap hari.

Anda juga dapat mengonsumsi jahe dengan merebus 2 sendok teh jahe dalam air selama 10 menit dan meminumnya tiga kali sehari. Ini dapat membantu dalam mengurangi kadar asam urat dan meredakan nyeri yang timbul.

Baca Juga: Hindari 4 Makanan Pantangan Asam Urat Ini agar Tidak Kambuh

3. Cuka sari apel, kunyit, dan jus lemon

Ramuan ini seringkali disebut-sebut sebagai obat rumahan untuk mengatasi asam urat. Walaupun tidak ada bukti ilmiah kuat yang mendukung penggunaan cuka sari apel secara spesifik untuk asam urat.

Sebaliknya, jus lemon dan kunyit memiliki bukti penelitian yang lebih menjanjikan dalam menurunkan kadar asam urat.

Untuk membuat minuman ini, peras jus dari setengah lemon ke dalam segelas air hangat. Tambahkan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel ke dalam campuran, dan aduk hingga tercampur rata.

Anda dapat menyesuaikan takaran bahan-bahan tersebut sesuai dengan preferensi rasa Anda. Dianjurkan untuk mengonsumsi minuman ini dua hingga tiga kali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Seledri

Dalam hal asam urat, ekstrak serta biji seledri dapat menjadi obat rumahan yang cukup populer. Penelitian ilmiah yang mendukung efektivitasnya memang masih terbatas.

Seledri dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan, yang merupakan salah satu gejala utama dari asam urat. Tidak ada rekomendasi spesifik mengenai jumlah seledri yang harus dikonsumsi untuk mengobati asam urat.

Namun, Anda dapat mencoba mengintegrasikan seledri ke dalam menu harian Anda. Baik itu melalui konsumsi batang seledri mentah, jus, ekstrak, atau biji seledri.

Baca Juga: 5 Makanan Pemicu Asam Urat Melambung Naik yang Jadi Pantangan Penderita Asam Urat

5. Sayuran hijau

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam sayuran hijau membantu mengurangi inflamasi dan memperkuat sistem pertahanan tubuh. Sementara kandungan kaliumnya mendukung pengeluaran asam urat melalui ginjal.

Meski beberapa sayuran hijau seperti bayam dan kangkung memiliki purin jumlahnya relatif rendah, manfaat nutrisinya dianggap mengatasi potensi risiko.

Memasukkan sayuran hijau ke dalam menu harian bisa mengurangi kadar asam urat dan mendukung kesehatan secara umum.

Demikianlah beberapa obat asam urat alami yang dapat Anda coba. Dari kelimanya, manakah yang ingin Anda coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News