Bugar

Luar Biasa! Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung di Sini, yuk

Luar Biasa! Ketahui Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung di Sini, yuk

MOMSMONEY.ID - Berbagai obat dan terapi diet telah banyak digunakan untuk mengatasi kondisi asam lambung naik. Namun, penggunaan bahan alami dalam mengatasi asam lambung semakin populer karena minim efek samping. Salah satu bahan alami yang kini menjadi perhatian adalah sari kurma. MomsMoney akan mengulas manfaat sari kurma untuk asam lambung kali ini. Simak, ya!

Baca Juga: Bisa Jadi Alternatif, Mari Menilik Manfaat Mie Shirataki untuk Diet

Manfaat Sari Kurma untuk Asam Lambung

Sari kurma memiliki kandungan asam yang rendah. Kurma termasuk jenis buah dengan tingkat keasaman yang rendah, sehingga aman untuk lambung dan tidak akan memicu peningkatan asam lambung ketika dikonsumsi, baik dalam bentuk buah utuh maupun sari.

Selain itu, sari kurma kaya akan serat. Pada kondisi di mana asam lambung meningkat, mengonsumsi makanan tinggi serat seperti sari kurma sangat disarankan. Serat membantu memperlancar gerakan otot di saluran pencernaan, yang secara efektif dapat mengurangi risiko asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Apakah Kolesterol Tinggi pada Ibu Hamil Berbahaya? Yuk Intip Ulasannya

Melansir dari Hello Sehat, sari kurma berperan dalam menekan produksi asam lambung. Mirip dengan pisang dan apel, sari kurma bersifat alkalin yang dapat membantu meredakan dan meringankan gejala asam lambung berkat kandungan kalium dan magnesiumnya.

Karena alasan-alasan tersebut, banyak orang ingin merasakan manfaat sari kurma untuk asam lambung. Penelitian lebih lanjut memang diperlukan, terutama karena studi saat ini, yang sebagian besar dilakukan pada hewan.

Namun, bisa dikatakan bahwa memang antioksidan dalam sari kurma juga dapat mengurangi gejala dan kerusakan pada lapisan lambung.

Baca Juga: Kacang Panjang untuk Asam Lambung, Intip 10 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Cara Mudah Membuat Sari Kurma untuk Asam Lambung

Proses pembuatan sari kurma untuk asam lambung cukup sederhana. Anda hanya perlu 500 gram kurma dan 800 ml air. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya:

  • Rendam kurma dalam 800 ml air panas selama semalaman atau paling tidak selama 8 jam.
  • Setelah direndam, buang biji kurma dan blender pulp kurma bersama air rendaman sampai halus.
  • Saring campuran kurma yang sudah halus sebanyak tiga kali menggunakan kain atau saringan halus untuk menghilangkan ampas.
  • Tuang sari kurma yang sudah disaring ke dalam panci dan masak selama 10–15 menit sampai matang sempurna.
  • Dinginkan sari kurma, kemudian simpan dalam wadah yang tertutup rapat.

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal untuk Asam Lambung yang Terbukti Ampuh

Meskipun sari kurma memiliki manfaat untuk meredakan asam lambung, penting untuk tidak mengandalkan minuman ini sebagai solusi utama untuk mengatasi masalah asam lambung yang serius.

Perlu diingat juga, konsumsi sari kurma yang berlebihan, terutama setelah makan besar atau saat mengalami diare, dan justru bisa memperburuk kondisi asam lambung. Demikianlah ulasan terkait manfaat sari kurma untuk asam lambung. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News