Bugar

Sehat! Konsumsi 7 Buah yang Baik untuk Asam Lambung Ini yuk!

Sehat! Konsumsi 7 Buah yang Baik untuk Asam Lambung Ini yuk!

MOMSMONEY.ID - Sudah menjadi rahasia umum bila penderita asam lambung tidak boleh makan sembarangan. Buah yang notabene makanan sehat juga harus dipilah-pilih terlebih dahulu. Sebab, ada beberapa buah pantangan asam lambung karena sifatnya yang asam. Lantas, apa saja buah yang baik untuk asam lambung?

Tenang! Di bawah ini Momsmoney telah merangkum daftar buah yang baik untuk asam lambung yang bisa Anda coba:

1. Pisang

Dikutip dari Livestrong, pisang merupakan buah alkali (non-asam) yang dapat membantu menyeimbangkan asam lambung. Pisang juga merupakan sumber serat yang baik dan dapat membantu mempercepat pencernaan serta mencegah penumpukan asam lambung.

2. Melon

Melon memiliki kandungan air yang tinggi dan pH yang lebih tinggi. Ini membuatnya ideal untuk penderita asam lambung. Melon dapat membantu menetralkan asam lambung dan menyediakan rasa segar serta hidrasi tanpa risiko iritasi.

Baca Juga: Ayo Cek, Inilah Ciri-ciri Asam Lambung Naik ke Paru-Paru dan Langkah Penanganannya

3. Semangka

Dikutip dari Dokter Sehat, semangka memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah asam. Ini membuat semangka menjadi pilihan yang menyegarkan dan aman untuk penderita asam lambung.

Kandungan air yang tinggi di dalam semangka juga membantu pencernaan dan mengurangi frekuensi gejala asam lambung.

4. Pir

Buah pir memiliki kadar asam yang rendah dan merupakan sumber serat yang baik. Mengonsumsi pir dapat membantu menyerap kelebihan asam dalam perut dan mengurangi gejala refluks.

Baca Juga: Nanas untuk Asam Lambung, Aman atau Bahaya untuk Dikonsumsi?

5. Apel

Apel adalah pilihan yang aman dan bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki GERD, menurut IFFGD. Meskipun tidak ada buah atau makanan tertentu yang dapat menyembuhkan refluks sepenuhnya, apel dianggap sebagai pilihan yang relatif aman untuk dikonsumsi.

6. Kurma

Buah kurma adalah pilihan yang baik untuk penderita asam lambung karena memiliki tingkat pH yang rendah. Konsumsi buah kurma tidak menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

Baca Juga: Khasiat Daun Pepaya untuk Asam Lambung, Cek Daftar Daun Lainnya di Sini

7. Pepaya

Pepaya tidak hanya terkenal karena kemampuannya mengatasi sembelit, tetapi juga bisa membantu meredakan nyeri ulu hati yang sering terjadi pada penderita GERD.

Khasiat ini berasal dari enzim yang terkandung dalam pepaya, yang dikenal sebagai papain. Enzim ini mendukung proses pencernaan dan membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan asam lambung.

Nah, demikianlah daftar buah yang baik untuk asam lambung. Jadi, buah manakah yang ingin Anda konsumsi setelah ini?

Selanjutnya: Jaga Kulit Tetap Cantik, Ini 6 Cara Mengatasi Sunburn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News