Bugar

7 Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Intip yuk

7 Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Lambung, Intip yuk

MOMSMONEY.ID - Penderita asam lambung tentu sudah tahu bahwa pemilihan makanan adalah hal penting. Mengetahui makanan yang baik untuk penderita asam lambung adalah sebuah keharusan.

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah kondisi yang bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara efektif untuk mengelola gejala GERD adalah melalui pengaturan pola makan.

Makanan tertentu telah terbukti dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Berikut adalah tujuh makanan yang baik untuk penderita asam lambung, dilansir dari Healthline:

Baca Juga: Asam Lambung Naik Saat Perjalanan Mudik, Bawa Makanan Ini untuk Meredakan

1. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang dapat membantu meredakan gejala GERD seperti heartburn. Jahe dapat digunakan dalam berbagai cara, seperti diseduh menjadi teh atau dimasukkan ke dalam masakan untuk membantu meredakan peradangan dan mual.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah sarapan yang bagus untuk penderita asam lambung karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat dapat membantu menyerap asam lambung dan mengurangi gejala GERD.

Oatmeal juga merupakan sumber energi yang baik dan mudah dicerna, menjadikannya pilihan ideal untuk memulai hari.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, asparagus, kale, dan bayam kaya akan serat dan rendah lemak. Makanan ini tidak hanya baik untuk pencernaan tetapi juga memiliki efek basa yang dapat membantu menetralkan kelebihan asam lambung dan mengurangi gejala refluks.

4. Pisang

Pisang merupakan buah yang baik untuk penderita asam lambung karena sifatnya yang alami bersifat antasid, yang dapat membantu menenangkan dinding perut dan mengurangi iritasi akibat asam lambung. Pisang juga merupakan camilan sehat yang kaya potasium.

Baca Juga: Bikin Asam Lambung Naik, 7 Makanan ini Tak Boleh Dikonsumsi saat Perut Kosong

5. Daging ayam dan kalkun

Daging tanpa lemak seperti ayam dan kalkun adalah pilihan protein yang baik untuk penderita GERD. Daging ini harus dimasak dengan metode yang sehat seperti dipanggang, direbus, atau dikukus tanpa menggunakan banyak minyak atau bumbu yang pedas.

6. Ikan dan seafood

Ikan dan seafood yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, termasuk di area esofagus dan perut. Memilih ikan seperti salmon, makarel, atau sarden dapat memberikan manfaat ganda bagi penderita asam lambung.

7. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak sehat yang dapat membantu mengurangi gejala GERD. Lemak baik dalam alpukat dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko asam lambung. Namun, karena kandungan lemaknya yang tinggi, konsumsilah secukupnya.

Baca Juga: Merasa Kembung & Begah, Bisa Jadi Ciri-ciri Asam Lambung Tinggi Lo!

Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, penting juga untuk penderita asam lambung menghindari makanan pemicu seperti makanan pedas, berlemak, dan berkafein.

Mengadopsi pola makan sehat dengan makanan yang mendukung kesehatan pencernaan dan menghindari makanan pemicu dapat membantu mengelola gejala GERD dengan lebih efektif.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rencana diet yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Dukung Penjaminan Bagi UMKM, Jamkrindo Luncurkan Jamkrindo Digital Environment

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News