Bugar

14 Ramuan Herbal untuk Asam Lambung yang Terbukti Ampuh

14 Ramuan Herbal untuk Asam Lambung yang Terbukti Ampuh

MOMSMONEY.ID - Penggunaan ramuan herbal untuk asam lambung telah menjadi solusi tradisional yang populer untuk meredakan gejala yang timbul. Namun, beberapa orang mungkin masih belum tahu apa saja rekomendasi ramuan herbal tersebut.

MomsMoney akan memberikan beberapa rekomendasi ramuan herbal untuk asam lambung yang terbukti ampuh dan layak untuk dicoba.

Menyadur dari laman Hello Sehat dan Dokter Sehat, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Air Lemon dan Madu

Meskipun lemon kaya akan asam, kombinasi air lemon hangat dengan madu memiliki efek alkali yang dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, madu sebagai antioksidan alami juga berperan dalam melindungi tubuh dari peradangan.

Baca Juga: Kacang Panjang untuk Asam Lambung, Intip 10 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

2. Jus Lidah Buaya

Jus lidah buaya dikenal memiliki khasiat anti-peradangan serta kaya akan vitamin dan mineral. Menurut Journal of Traditional Chinese Medicine pada tahun 2015, jus ini efektif mengurangi gejala heartburn dengan mengurangi produksi asam.

3. Teh Chamomile

Teh chamomile tidak hanya bermanfaat untuk relaksasi tetapi juga efektif dalam menurunkan asam lambung dan berperan sebagai anti-inflamasi. Mengonsumsi teh chamomile hangat, terutama dengan tambahan madu, dapat meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh asam lambung naik.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Teh Herbal untuk Mengusir Stres, Tertarik Coba?

4. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai obat alami yang efektif untuk mengatasi masalah pada lambung. Kandungan polifenol dalam kunyit memiliki sifat anti-peradangan yang terbukti dapat meredakan asam lambung.

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2019, kunyit berguna dalam mencegah peradangan yang terkait dengan kondisi seperti GERD.

5. Jahe Merah

Obat herbal lain yang efektif adalah jahe merah, yang memiliki sifat anti-peradangan dan dapat meredakan mual. Jahe merah juga bertindak sebagai gastroprotektif, yang berarti dapat mengurangi infeksi bakteri Helicobacter pylori, penyebab umum dari masalah asam lambung.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini 12 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sangat Menyehatkan

6. Madu

Madu membantu melindungi lapisan dinding esofagus dan lambung, memperbaiki fungsi cincin esofagus, serta mengurangi peradangan pada esofagus.

7. Akar Manis (Licorice)

Licorice telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi peradangan lambung. Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Children pada tahun 2014, licorice membantu meningkatkan sekresi lambung dan mencegah asam naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Menelusuri Manfaat Olive Oil untuk Diet, Benarkah Bisa Menurunkan BB?

8. Daun Kelor

Daun kelor dikenal luas sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit, termasuk sakit asam lambung. Penelitian yang diterbitkan dalam Saudi Journal of Biological Science menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor dapat mengurangi keasaman lambung serta melindungi lambung dari iritasi asam dengan meningkatkan produksi lendir.

Anda bisa mengonsumsi daun kelor dengan cara merebusnya dan meminum air rebusannya.

9. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif untuk mengobati GERD. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan merebus daun jambu biji yang telah dicuci bersih hingga mendidih dan meminum airnya.

Baca Juga: 3 Resep Tahu Kukus untuk Diet yang Mudah dan Enak, Coba yuk!

10. Daun Sirih

Daun sirih dikenal memiliki efek gastroprotektif yang tinggi, berkat kemampuannya meningkatkan produksi lendir yang melindungi lambung. Untuk mendapatkan manfaat ini, rebus daun sirih sampai mendidih, saring, dan minum air rebusannya.

11. Daun Patikan Kebo

Daun patikan kebo memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat melindungi dinding lambung dari kerusakan akibat asam lambung berlebih. Rebus beberapa lembar daun patikan kebo dengan air, kemudian minum air rebusannya secara rutin.

Baca Juga: Apakah Benar Bisa Mengalami Diare karena Asam Lambung Naik?

12. Daun Senggani

Daun senggani memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan lambung. Kandungan quercetin di dalamnya juga membantu mengurangi volume dan keasaman lambung. Anda bisa mengolah daun senggani dengan cara merebusnya, kemudian minum air rebusannya setelah disaring.

13. Daun Kemangi

Daun kemangi, yang biasa digunakan sebagai herbal dalam masakan, juga bisa dijadikan obat alami untuk masalah lambung. Daun kemangi memiliki sifat karminatif, antibakteri, dan anti-peradangan yang efektif meredakan kejang pada saluran usus dan perut kembung.

Anda bisa mengolah daun kemangi menjadi teh atau memasukkannya dalam masakan.

Baca Juga: Mulut Pahit karena Asam Lambung Naik? Ini 5 Cara Sederhana Mengatasinya

14. Kurma

Kurma memiliki sifat basa yang dapat mengurangi tingkat keasaman pada lambung, sehingga sangat bermanfaat bagi pasien dengan maag atau tukak lambung. Mengonsumsi kurma secara rutin setiap pagi dapat membantu menetralkan cairan lambung.

Demikianlah daftar ramuan untuk asam lambung yang terbukti ampuh dan layak Anda coba. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Promo Buy 1 Get 1 Free Tiket Film Catatan Harian Menantu Sinting Dari Cinepolis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News