Bugar

Bisa Jadi Alternatif, Mari Menilik Manfaat Mie Shirataki untuk Diet

Bisa Jadi Alternatif, Mari Menilik Manfaat Mie Shirataki untuk Diet

MOMSMONEY.ID - Alternatif mie yang sehat, yuk, intip manfaat mie shirataki untuk diet pada ulasan berikut ini.

Mie shirataki merupakan alternatif mie sehat yang populer bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Kandungan utamanya adalah glukomanan, sebuah serat yang larut dalam air dan memiliki berbagai manfaat kesehatan, terutama untuk penurunan berat badan.

MomsMoney akan mengulas manfaat mie Shirataki untuk diet pada kesempatan kali ini. Simak, ya!

Baca Juga: 14 Ramuan Herbal untuk Asam Lambung yang Terbukti Ampuh

Salah satu manfaat utama dari mie shirataki adalah kemampuannya dalam mendukung penurunan berat badan.

Mengutip dari laman Hello Sehat, kandungan air yang tinggi dan serat glukomanan dalam mie ini berperan dalam menciptakan rasa kenyang yang bertahan lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebih.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition menemukan, mengganti sumber karbohidrat dalam diet dengan mie shirataki bisa mengurangi asupan kalori harian hingga 47%.

Penurunan asupan kalori sebesar ini signifikan dan dapat sangat membantu dalam proses penurunan berat badan. Memasukkan mie shirataki untuk diet dapat menjadi strategi efektif untuk mengelola asupan kalori harian dengan lebih mudah.

Baca Juga: Kacang Panjang untuk Asam Lambung, Intip 10 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Menyadur dari laman Good Doctor, berikut adalah beberapa keunggulan dari mie shirataki yang membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk diet:

1. Kalori sangat rendah

Sebagai ilustrasi, berat 100 gram mie shirataki hanya mengandung 9 kalori, menurut data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA). Ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan mie tradisional yang terbuat dari tepung dan telur, yang bisa mengandung hingga 130 kalori per 100 gram.

Kalori yang rendah ini adalah salah satu alasan mengapa mie ini sering disebut sebagai 'mie ajaib nol kalori' oleh beberapa sumber seperti Healthline.

Baca Juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Jika Kelebihan Makan Garam?

2. Tanpa lemak

Bagi mereka yang menghindari lemak dalam diet, mie shirataki menawarkan solusi yang ideal. Dalam porsi 100 gram, mie ini tidak mengandung lemak sama sekali.

Lemak, seperti kalori, adalah salah satu komponen yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Kaya serat

Salah satu alasan utama mengapa mie shirataki dianggap sebagai pilihan diet yang bagus adalah karena kandungan seratnya yang tinggi. Setiap 100 gram mie mengandung sekitar tiga gram serat.

Serat ini dikenal sebagai glukomanan, yang berasal dari umbi konnyaku. Glukomanan adalah jenis serat yang dapat larut dalam air dan membengkak beberapa kali lipat.

Glukomanan menghasilkan gel ketika mencapai perut, yang membantu meningkatkan perasaan kenyang dan memperlambat proses pencernaan, sehingga secara efektif menurunkan nafsu makan.

Baca Juga: 12 Tanda Tubuh Kelebihan Gula, Salah Satunya Jadi Gampang Marah!

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan, konsumsi rutin glukomanan dapat membantu mengurangi berat badan.

Studi tersebut menemukan, seseorang yang kelebihan berat badan mengalami penurunan berat badan hingga 2,5 kg setelah mengonsumsi glukomanan secara teratur selama delapan minggu.

Demikianlah ulasan terkait manfaat mie shirataki untuk diet. Mie shirataki menawarkan manfaat signifikan bagi mereka yang ingin mengurangi kalori dan lemak dalam diet sambil menambah asupan serat. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News