Bugar

Rekomendasi Minuman Buka Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Cek yuk!

Rekomendasi Minuman Buka Puasa untuk Penderita Asam Lambung, Cek yuk!

MOMSMONEY.ID - Mampu meredakan gejala, yuk, konsumsi minuman buka puasa untuk penderita asam lambung berikut ini.

Tak jarang gejala asam lambung naik dirasakan penderitanya di kala sedang puasa. Seperti yang sudah diketahui, penderita asam lambung haruslah selektif terkait makanan dan minuman yang dikonsumsi, termasuk saat berbuka puasa.

Ada beberapa minuman yang dapat mengurangi gejala asam lambung selama puasa.

Momsmoney akan membagikan rekomendasi minuman buka puasa untuk penderita asam lambung dalam artikel ini. Bersumber dari Medical News Today, berikut adalah minuman buka puasa yang bisa penderita asam lambung coba:

1. Air

Air merupakan elemen kunci dalam mendukung fungsi tubuh yang optimal, termasuk pencernaan. Memastikan hidrasi yang cukup bisa membantu dalam memperlancar proses pencernaan dan mengurangi kemunculan refluks asam setelah makan.

Mengonsumsi air secara rutin saat sahur dan berbuka puasa juga bermanfaat dalam membersihkan asam dari esofagus dan mengatasi batuk kronis yang terkait dengan GERD.

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengatasi Asam Lambung Naik saat Puasa

2. Jus buah dan sayur

Meskipun jus buah yang sangat asam bisa mengiritasi dinding esofagus dan memperparah gejala refluks asam, buah dan sayuran dengan keasaman rendah memiliki komponen alami yang dapat mengurangi refluks asam.

Mengonsumsi buah dan sayuran ini baik dalam bentuk utuh maupun jus saat buka puasa dapat membantu meredakan gejala asam lambung. Jus yang direkomendasikan termasuk jus lidah buaya, seledri, wortel, melon, dan semangka.

3. Teh jahe

Jahe memiliki kemampuan untuk meredakan berbagai masalah pencernaan, termasuk refluks asam, perut kembung, dan dispepsia. Khasiatnya dalam mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bawah dan mempercepat pengosongan isi perut bisa mengurangi peluang terjadinya kegagalan fungsi sfingter.

Dengan memastikan pengosongan perut yang cepat, jumlah asam lambung di saluran pencernaan atas pun berkurang. Mengonsumsi teh jahe saat buka puasa bisa menjadi cara efektif untuk memberikan sensasi yang hangat dan menenangkan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Lambung Naik di Malam Hari serta Tips Mencegahnya

4. Susu rendah lemak

Konsumsi makanan dan minuman tinggi lemak, seperti susu tinggi lemak, dapat memperburuk gejala GERD. Oleh karena itu, susu rendah lemak dan susu nabati seperti susu almond bisa menjadi alternatif yang lebih baik. Susu almond khususnya, bersifat basa dan bisa membantu menetralkan asam lambung.

Demikianlah beberapa rekomendasi minuman buka puasa untuk penderita asam lambung. Minuman-minuman di atas sangat baik untuk meredakan gejala asam lambung yang mungkin Anda rasakan saat puasa. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News