Bugar

Tak Banyak yang Tahu, Ini Nutrisi dan Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

Tak Banyak yang Tahu, Ini Nutrisi dan Manfaat Rambutan untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Apa saja manfaat rambutan untuk kesehatan yang jarang diketahui? Simak selengkapnya di sini.

Rambutan merupakan salah satu buah tropis yang sering terlewatkan padahal kaya manfaatnya. Meskipun tidak sepopuler mangga atau pisang, rambutan menyimpan beragam nutrisi dan manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian orang.

Dibalik kulitnya yang berambut, tersembunyi daging buah yang manis dan segar, kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Buah Khas Ramadan, Intip Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan Anda

Nutrisi dalam rambutan

Mengutip dari WebMD, rambutan merupakan sumber berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin B5, yang berperan vital dalam proses metabolik tubuh, mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang dapat digunakan.

Karena vitamin B5 tidak dapat diproduksi secara internal oleh tubuh dan hanya bisa didapatkan melalui konsumsi makanan, sangat disarankan untuk mengonsumsi sekitar 5mg vitamin B5 setiap hari. Selain itu, rambutan juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti:

  • Vitamin A, penting untuk kesehatan mata dan sistem imun.
  • Vitamin C, yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.
  • Vitamin B kompleks, yang mendukung fungsi otak dan energi.
  • Kalium, yang penting untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung.
  • Kalsium, esensial untuk tulang dan gigi yang kuat.
  • Folat, penting untuk pembentukan DNA dan pertumbuhan sel.
  • Kolin, yang mendukung fungsi otak dan saraf.

Dalam hal kandungan per porsi, satu buah rambutan ukuran sedang menyediakan:

  • Kalori: Sekitar 7
  • Protein: Kurang dari 1 gram
  • Lemak: Kurang dari 1 gram
  • Karbohidrat: Sekitar 2 gram
  • Serat: Kurang dari 1 gram
  • Gula: Kurang dari 1 gram

Dengan kandungan nutrisi yang kaya dan rendah kalori, rambutan menjadi pilihan yang baik untuk disertakan dalam diet seimbang.

Baca Juga: Daftar Buah Terbaik untuk Sahur dan Berbuka Puasa, Cegah Haus dan Dehidrasi!

Manfaat rambutan untuk kesehatan

Adapun manfaat rambutan untuk kesehatan akan diuraikan sebagai berikut, bersumber dari Very Well Fit:

1. Mengurangi risiko diabetes

Banyak orang dengan diabetes menghindari buah karena kandungan gula alaminya. Namun, buah-buahan seperti rambutan justru menawarkan keuntungan kesehatan dengan kandungan gula yang lebih rendah dibandingkan dengan camilan manis atau makanan olahan.

Sangat penting bagi mereka yang diabetes untuk menghindari buah yang dikemas dalam sirup atau yang mengandung pemanis buatan tambahan. Penelitian yang dilakukan selama tujuh tahun pada 500.000 orang dewasa di Cina menunjukkan bahwa konsumsi buah dalam jumlah yang lebih tinggi terkait dengan penurunan risiko diabetes dan komplikasi terkait diabetes.

Pola makan yang fokus pada konsumsi makanan utuh, termasuk buah, dapat memberikan manfaat bagi individu yang berisiko terkena diabetes.

Baca Juga: Takaran Minum Air Putih Selama Bulan Puasa dan Tips biar Tidak Dehidrasi

2. Mencegah kanker

Rambutan mengandung antioksidan seperti antosianin dan senyawa fenolik. Meskipun belum ada studi jangka panjang pada manusia yang secara spesifik mengkonfirmasi kemampuannya melawan kanker, senyawa tersebut dikenal baik dalam pencegahan kanker. Memilih rambutan segar daripada yang dikalengkan menawarkan jumlah antioksidan yang lebih tinggi.

3. Menyehatkan tulang

Penuaan memang tak terelakkan dan begitu juga dengan masalah keropos tulang. Namun pola makan yang sehat dan berolahraga dapat mengurangi tingkat dan keparahan kondisi ini. Buah-buahan seperti rambutan, yang kaya akan kalium, dikaitkan dengan densitas mineral tulang yang lebih tinggi. Konsumsi buah rambutan dapat membantu mencegah keropos tulang dengan mengurangi ekskresi kalsium lewat urine.

Baca Juga: Hindari Makanan Ini Waktu Sahur, Bisa Bikin Sering Haus saat Puasa lo

4. Mengurangi risiko batu ginjal

Konsumsi buah yang tinggi, termasuk rambutan, juga berkontribusi pada pencegahan batu ginjal, terutama jenis yang mengandung kalsium. Penambahan kalium dari buah seperti rambutan dapat meningkatkan reabsorpsi kalsium di ginjal. Klaim ini didukung oleh beberapa studi observasi yang menunjukkan hubungan antara asupan kalium yang tinggi dan risiko rendah pembentukan batu ginjal.

5. Menyehatkan jantung

Rambutan mendukung kesehatan jantung dengan menyediakan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah, serta serat yang dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, folat dan vitamin B di dalam rambutan berperan dalam menurunkan tingkat peradangan dan risiko stroke. Vitamin C dalam rambutan juga berperan penting dalam menangkal radikal bebas yang dapat merusak arteri.

Nah, demikianlah pembahasan terkair nutrisi dan manfaat rambutan untuk kesehatan. Meskipun rambutan merupakan sumber nutrisi yang baik, penting untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar sebagai bagian dari diet yang seimbang.

Bagi beberapa orang, rambutan bisa menyebabkan alergi, sehingga perlu diwaspadai bagi yang memiliki sensitivitas terhadap buah-buahan tertentu. Dengan manfaat kesehatannya yang beragam, buah ini layak mendapatkan lebih banyak pengakuan dan dimasukkan dalam konsumsi buah harian Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News