Bugar

Sederhana, Inilah Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat yang Bisa Anda Coba!

Sederhana, Inilah Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat yang Bisa Anda Coba!

MOMSMONEY.ID - Ada sejumlah cara mengatasi asam urat tanpa obat yang cukup sederhana untuk dilakukan, lo.

Asam urat merupakan salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Kondisi ini terjadi ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Ini menyebabkan pembentukan kristal di dalam dan sekitar sendi yang mengakibatkan rasa sakit, bengkak, dan peradangan.

Meski banyak obat yang tersedia untuk mengobati asam urat, terdapat beberapa cara sederhana dan alami untuk mengatasinya tanpa harus bergantung pada obat-obatan. Melansir dari Medical News Today, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi asam urat tanpa obat:

1. Konsumsi Air yang Cukup

Menambah asupan air putih bisa sangat membantu bagi mereka yang mengalami asam urat, mengurangi inflamasi dan pembengkakan. Air memacu ginjal untuk mengeluarkan kelebihan cairan, sehingga mengurangi pembengkakan yang dialami penderita asam urat.

Baca Juga: Penderita Asam Urat Tidak Boleh Makan Buah Ini, Cek Daftarnya!

2. Penggunaan Kompres Dingin

Aplikasi kompres dingin yang dibungkus dengan kain ke area yang terkena bisa mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Penggunaan kompres es atau benda dingin yang dibungkus dengan handuk selama 20 menit bisa membantu mengurangi rasa sakit.

3. Mengurangi Stres

Stres dapat memperburuk gejala asam urat. Meskipun tidak selalu mungkin menghilangkan stres sepenuhnya, beberapa cara untuk merawat diri sendiri dapat membantu. Misalnya seperti berolahraga, mengambil cuti dari pekerjaan, menulis jurnal, membaca, bermeditasi, dan mendapatkan cukup istirahat

Baca Juga: Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Apa Saja?

4. Mengangkat Area Sendi yang Terkena

Mengangkat area sendi yang bengkak karena asam urat bisa mengurangi pembengkakan dengan mendorong cairan menjauh dari sendi. Menggunakan kompres es sambil mengangkat area sendi bisa lebih efektif.

5. Pembatasan Konsumsi Alkohol

Mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol, terutama bir yang tinggi purin, bisa mengurangi risiko asam urat.

Baca Juga: Rendah Purin, Ini Daftar Makanan untuk Penderita Asam Urat Konsumsi

6. Menghindari Makanan Tinggi Purin

Hindari makanan yang tinggi purin seperti daging merah, jeroan, makanan laut tertentu (seperti udang dan kerang), serta makanan dan minuman yang mengandung fruktosa tinggi. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan yang memiliki kandungan purin rendah.

Nah, itulah sejumlah cara mengatasi asam urat tanpa obat yang dapat Anda coba. Melalui pendekatan ini, penderita asam urat bisa mengambil langkah untuk mengelola kondisi mereka secara alami, meskipun penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum membuat perubahan signifikan dalam hal ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News