Bugar

Inilah Penyebab Mendengkur Saat Tidur yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

Inilah Penyebab Mendengkur Saat Tidur yang Tak Banyak Orang Tahu, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mendengkur saat tidur? Atau apakah Anda pernah terganggu karena suara dengkuran orang lain? Sebenarnya apa saja sih penyebab mendengkur saat tidur?

Merangkum dari Cleveland Clinic dan Very Well Health, berikut ini adalah beberapa penyebab mendengkur saat tidur yang mungkin belum Anda ketahui

1. Sleep Apnea

Mendengkur sering menjadi salah satu tanda awal dari sleep apnea, sebuah kondisi di mana pernapasan seseorang terhenti atau terganggu saat tidur.

Gejala umumnya termasuk kelelahan di siang hari, terengah-engah atau tersedak saat tidur malam, dan adanya jeda dalam pernapasan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 8 Cara Menetralkan Asam Lambung Naik

2. Struktur Anatomi Mulut dan Tenggorokan

Jika langit-langit mulut atau uvula (jaringan yang menjuntai di belakang mulut) lebih panjang, bukaan dari hidung ke tenggorokan bisa lebih sempit.

Ini menyebabkan sebagian jalan napas terhalang. Saat bernapas, struktur ini bisa bergetar dan saling bertabrakan, sehingga menghasilkan suara mendengkur.

3. Saluran Udara Hidung Tersumbat

Saluran hidung yang tersumbat memaksa Anda mengambil napas lebih keras yang dapat menarik jaringan lunak tenggorokan dan menyebabkan mendengkur.

Baca Juga: Khasiat Jus Melon untuk Asam Lambung, Intip Juga Rekomendasi Jus Lainnya

4. Posisi Tidur

Tidur telentang cenderung membuat lidah rileks ke belakang tenggorokan. Hal ini menyebabkan sebagian jalan napas terhalang. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa posisi tidur sangat mempengaruhi kecenderungan mendengkur.

5. Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat merelaksasi otot saluran napas. Ini membuatnya lebih mudah kolaps saat tidur yang dapat memicu mendengkur.

Baca Juga: Kasusnya Terus Meningkat, Begini Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Perlu Anda Tahu

6. Kelebihan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih, terutama di sekitar leher, bisa menekan saluran napas dan meningkatkan risiko mendengkur. Leher yang lebih besar dari 17 inci pada pria atau 16 inci pada wanita adalah salah satu indikator risiko ini.

7. Kehamilan dan Perubahan Hormonal

Mendengkur lebih sering terjadi selama kehamilan dan setelah menopause. Perubahan hormonal dan peningkatan berat badan selama kehamilan dapat meningkatkan risiko mendengkur.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Harus Makan Apa? Intip Daftarnya Berikut Ini

8. Proses Penuaan

Seiring bertambahnya usia, otot-otot di sekitar saluran napas cenderung menjadi lebih lemah. Kondisi ini meningkatkan kemungkinan mendengkur.

9. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis seperti hipotiroidisme, yang menyebabkan pembesaran tiroid, dapat mempengaruhi kemampuan untuk bernapas dengan lancar saat tidur.

Itulah beberapa penyebab mendengkur saat tidur yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News