Bugar

Tak Banyak yang Tahu, Intip Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Anda

Tak Banyak yang Tahu, Intip Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Anda

MOMSMONEY.ID - Daun sirsak dapat dikonsumsi juga, lo. Intip khasiat rebusan daun sirsak untuk kesehatan berikut ini, yuk.

Buah sirsak dikenal dengan rasanya yang nikmat, baik dikonsumsi secara utuh ataupun jus.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa daun sirsak juga dapat dikonsumsi dalam bentuk rebusan. Selain itu, terdapat sejumlah khasiat rebusan daun sirsak untuk kesehatan.

Pada kesempatan ini, Momsmoney akan menguraikan beberapa khasiat rebusan daun sirsak untuk kesehatan, melansir dari laman Organic Facts sebagai berikut:

1. Mendukung penurunan berat badan

Obesitas bisa meningkatkan risiko penyakit metabolik. Studi 2019 di jurnal Nutrients meneliti apakah rebusan daun sirsak bisa membantu menurunkan berat badan.

Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan, konsumsi ekstrak daun sirsak selama 12 minggu menunjukkan potensi penurunan berat badan. 

Baca Juga: Usia Tak Lagi Muda, Lakukan Tips Hidup Sehat di Usia 40 Tahun Berikut

2. Menyehatkan jantung

Rebusan sirsak dapat mendukung kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan, daun sirsak dapat menurunkan trigliserida dan LDL, serta mengurangi akumulasi lemak dalam tubuh, yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Studi juga menunjukkan, ekstrak daun sirsak membantu menurunkan hipertensi.

3. Menyehatkan pencernaan

Daun sirsak dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan membantu melawan gastritis dan tukak lambung, yang bisa disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan. Studi menunjukkan, ekstrak daun sirsak memiliki aktivitas gastroprotektif.

Baca Juga: Daftar Tanaman Herbal untuk Diabetes, Ayo Cek di Sini!

4. Menguatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang sehat penting untuk melawan infeksi dan penyakit kronis. Studi dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan, daun dan batang sirsak dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya.

5. Manajemen diabetes

Ekstrak daun sirsak dapat membantu mengatur kadar gula darah. Studi menunjukkan, penurunan kadar glukosa darah setelah mengonsumsi ekstrak sirsak. Obat tradisional juga menggunakan daun sirsak untuk diabetes.

Namun, minuman ini harus dikonsumsi dengan hati-hati untuk menghindari penurunan kadar gula darah yang drastis.

Baca Juga: Rahasia Turun BB dengan Mudah, Inilah Tips Diet Tanpa Olahraga yang Bisa Dicoba

6. Memperbaiki kulit

Daun sirsak telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk berbagai kondisi kulit, seperti abses. Sifat anti-inflamasi daun ini juga membantu menjaga kulit tetap sehat.

Studi menunjukkan bahwa luka yang diobati dengan sirsak menunjukkan penurunan peradangan dan generasi serat kolagen yang terorganisir di sekitar area luka.

7. Manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan

Rebusan daun sirsak juga membantu dalam memerangi penyakit seperti batuk, mual, dan infeksi parasit. Tetapi, jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang minum obat, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi rebusan ini.

Baca Juga: Bukan Kerokan, Begini Cara Mengatasi Masuk Angin!

Nah, berikut adalah cara membuat rebusan daun sirsak yang dapat Anda konsumsi:

Bahan:

  • 6 daun sirsak segar atau kering
  • 4 gelas air

Cara membuat:

  • Didihkan air dalam panci.
  • Tambahkan daun sirsak, kemudian kecilkan api hingga mendidih.
  • Biarkan campuran meresap selama sekitar 15 menit.
  • Angkat panci dari api dan saring rebusan daun sirsak ke dalam cangkir teh atau teko.
  • Tambahkan madu atau gula secukupnya, jika diinginkan, dan konsumsilah.

Baca Juga: Sedang Pilek? Konsumsi Makanan untuk Mengatasi Flu Berikut Ini!

Namun, ada sejumlah efek samping yang mungkin timbul setelah konsumsi rebusan daun sirsak. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Efek samping dari rebusan daun sirsak dapat sangat kuat, termasuk sakit perut, masalah jantung, masalah saraf, dan interaksi obat.
  • Orang yang mengonsumsi obat antidepresan, obat penenang, pil tekanan darah, obat diabetes, atau obat untuk penyakit neurodegeneratif sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya karena dapat menyebabkan interaksi obat dan komplikasi.
  • Selama kehamilan dan menyusui, disarankan untuk menghindari konsumsi rebusan daun sirsak karena dapat mengganggu pertumbuhan janin. Sebaiknya ikuti saran dari dokter Anda.

Itulah beberapa khasiat rebusan daun sirsak untuk kesehatan. Meskipun punya banyak khasiat untuk kesehatan, Anda tetap perlu berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi rebusan daun sirsak, ya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News