Bugar

Tak Banyak yang Tahu, Ini 12 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sangat Menyehatkan

Tak Banyak yang Tahu, Ini 12 Makanan Tinggi Karbohidrat yang Sangat Menyehatkan

MOMSMONEY.ID - Karbohidrat sering kali dianggap sebagai musuh dalam banyak diet penurunan berat badan, namun tidak semua karbohidrat diciptakan sama. Terdapat banyak sumber karbohidrat yang tidak hanya kaya nutrisi, namun juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Apa saja makanan tinggi karbohidrat yang sangat menyehatkan?

Melansir dari Healthline, berikut telah MomsMoney rangkumkan daftar makanan tinggi karbohidrat yang sangat menyehatkan dan layak untuk dijadikan bagian dari diet seimbang Anda.

1. Quinoa

Dengan 70% kandungan karbohidrat, quinoa adalah sumber yang baik untuk protein dan serat, dan mengandung mineral serta senyawa tanaman.

Kaya akan manfaat, quinoa dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah dan kesehatan jantung, dan mendukung manajemen berat badan yang sehat.

Baca Juga: Bagaimana Cara Diet yang Benar? Pemula Harus Tahu Tips dan Trik Berikut

2. Oat

Oat adalah gandum utuh yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan. Oat memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sekitar 70%, dan kaya akan serat beta-glucan yang dapat menurunkan kolesterol dan memperbaiki kadar gula darah.

Selain itu, oat adalah sumber protein yang baik dan dapat mendukung manajemen berat badan yang sehat.

3. Soba

Soba, yang juga dianggap sebagai pseudocereal, tidak mengandung gluten dan merupakan alternatif yang baik untuk gandum.

Soba kaya protein, serat, mineral, dan antioksidan, serta membantu dalam manajemen kesehatan jantung dan kontrol gula darah.

Baca Juga: Menelusuri Manfaat Olive Oil untuk Diet, Benarkah Bisa Menurunkan BB?

4. Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat yang tinggi dengan kandungan kalium. Pisang kaya akan vitamin B6 dan C serta berbagai senyawa tanaman. Pisang yang kurang matang kaya akan pati resisten yang mendukung kesehatan pencernaan.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang kaya akan vitamin A, C, dan potasium. Tinggi antioksidan, ubi jalar mendukung perlindungan dari penyakit kronis dan merupakan tambahan yang lezat serta bergizi untuk makanan apa pun.

Baca Juga: Catat, ya! Berikut 11 Obat Batuk Berdahak yang Alami dan Ampuh

6.Bit

Bit adalah sumber karbohidrat dari sayuran yang tinggi serat dan gula. Kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, bit adalah sumber nitrat anorganik yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan kinerja fisik.

7. Jeruk

Jeruk adalah buah yang terdiri dari air dan menyediakan karbohidrat, serat, vitamin C, dan senyawa tanaman yang kuat. Jeruk mendukung kesehatan jantung dan dapat membantu pencegahan batu ginjal dan meningkatkan penyerapan zat besi.

Baca Juga: Menilik Manfaat Ubi Cilembu untuk Diet Turunkan Berat Badan

8. Blueberry

Blueberry adalah buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi, yang bermanfaat dalam melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Buah ini juga juga kaya akan vitamin C, vitamin K, dan mangan.

9. Jeruk Bali

Jeruk bali kaya vitamin, mineral, dan antioksidan, dan telah ditunjukkan untuk mendukung kesehatan jantung dan mengelola kadar gula darah. Senyawa dalam jeruk bali juga dapat membantu mencegah batu ginjal dan menurunkan kadar kolesterol.

Baca Juga: 3 Resep Tahu Kukus untuk Diet yang Mudah dan Enak, Coba yuk!

10. Apel

Apel adalah sumber karbohidrat yang baik, mengandung vitamin C dan antioksidan. Apel dapat mendukung manajemen gula darah dan kesehatan jantung, serta memiliki potensi dalam mengurangi risiko tertentu kanker.

11. Kacang Merah

Kacang merah kaya protein dan merupakan sumber karbohidrat dalam bentuk pati dan serat. Jenis kacang ini mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan, dan telah terbukti mendukung regulasi gula darah dan mengurangi risiko kanker usus besar.

Baca Juga: Mulut Pahit karena Asam Lambung Naik? Ini 5 Cara Sederhana Mengatasinya

12. Kacang Garbanzo

Kacang garbanzo adalah sumber protein nabati yang baik dan kaya vitamin dan mineral. Kacang ini mendukung kesehatan jantung dan pencernaan, serta memiliki potensi pencegahan kanker.

Nah, itulah daftar makanan tinggi karbohidrat yang sangat menyehatkan. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News