Bugar

Wajib Tahu! Ini 8 Cara Menetralkan Asam Lambung Naik

Wajib Tahu! Ini 8 Cara Menetralkan Asam Lambung Naik

MOMSMONEY.ID - Bagaimana cara menetralkan asam lambung naik? Yuk, intip caranya berikut ini.

Rasa panas di dada, mulut yang terasa asam, dan mual adalah beberapa gejala umum yang sering dialami saat asam lambung naik.

Kondisi ini tidak hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, tetapi jika dibiarkan terus-menerus, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Merangkum dari laman Halodoc dan Hello Sehat, berikut adalah beberapa cara menetralkan asam lambung yang dapat Anda coba:

1. Minum air hangat

Cara pertama adalah dengan meminum air hangat secara perlahan. Ini bisa membantu menetralkan asam lambung yang naik dan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan dan lambung.

Lanjutkan meminum air hangat setiap beberapa menit untuk meredakan gejala.

Baca Juga: Khasiat Jus Melon untuk Asam Lambung, Intip Juga Rekomendasi Jus Lainnya

2. Minum obat asam lambung

Jika Anda memiliki riwayat GERD, Anda mungkin memiliki stok obat asam lambung. Minumlah obat tersebut sesegera mungkin untuk meredakan gejala. Jika perlu rekomendasi obat baru, hubungi dokter.

3. Gunakan soda kue

Cara lain adalah dengan menggunakan soda kue. Campurkan setengah sendok teh soda kue dalam segelas air hangat dan minum. Ini dapat menetralkan asam lambung dengan cepat.

Namun, jangan sering-sering mengonsumsi soda kue karena dapat menimbulkan efek samping seperti sembelit atau diare jika berlebihan.

Baca Juga: Bahaya Konsumsi Minuman Soda untuk Kesehatan Tubuh Anda, Bisa Sebabkan Ini

4. Minum air jahe

Jahe adalah obat herbal alami yang efektif untuk gangguan pencernaan dan asam lambung. Rebus jahe dan minum airnya, atau tambahkan lemon dan madu untuk rasa serta efek antiinflamasi tambahan.

5. Berbaring dengan posisi kepala tinggi

Jika asam lambung tidak kunjung membaik, coba atur posisi tidur Anda dengan kepala lebih tinggi dari badan. Ini membantu mencegah asam lambung naik ke tenggorokan.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Harus Makan Apa? Intip Daftarnya Berikut Ini

6. Duduk dalam posisi tegak

Menghindari berbaring setelah makan dan duduk tegak adalah cara efektif untuk mencegah asam lambung naik. Gravitasi membantu menjaga asam lambung di perut.

7. Longgarkan pakaian

Pakaian yang ketat bisa menekan perut dan mendorong asam naik. Longgarkan pakaian untuk mengurangi tekanan dan mencegah gejala asam lambung naik.

Baca Juga: Inilah Pilihan Lauk Pauk untuk Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Mau Coba?

8. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet memicu kelenjar ludah untuk memproduksi lebih banyak air liur. Sifat basa dari air liur dapat membantu menyeimbangkan keasaman lambung.

Sehingga, ketika terjadi peningkatan asam yang mengarah ke kerongkongan, air liur yang lebih banyak ini dapat membantu membilas asam tersebut kembali ke lambung.

Itulah beberapa cara menetralkan asam lambung yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News