Bugar

Khasiat Jus Melon untuk Asam Lambung, Intip Juga Rekomendasi Jus Lainnya

Khasiat Jus Melon untuk Asam Lambung, Intip Juga Rekomendasi Jus Lainnya

MOMSMONEY.ID - Di balik rasanya yang nikmat, terdapat khasiat jus melon untuk asam lambung lo. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu akan khasiat ini.

Melon merupakan buah yang cukup populer di Indonesia. Buah satu ini memiliki rasa yang manis dan segar. Tak heran bila buah melon jadi buah favorit banyak orang.

MomsMoney akan mengulas khasiat jus melon untuk asam lambung pada kesempatan kali ini. Yuk, simak hingga akhir.

Khasiat jus melon untuk asam lambung

Dikutip dari Hello Sehat, buah melon dikenal memiliki tingkat kebasaan yang signifikan karena mengandung mineral magnesium. Mineral ini sering digunakan dalam obat antasida yang membantu meredakan maag.

Itu sebabnya, melon dianggap cocok untuk orang dengan asam lambung tinggi.

Selain itu, melon juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh berkat kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan seratnya. Melon juga kaya akan vitamin dan mineral lain yang mendukung kesehatan.

Buah yang manis dan menyegarkan ini, ketika dijadikan jus, dapat membantu mengurangi gejala asam lambung berkat kandungan magnesium yang tinggi yang membantu menetralkan asam di lambung.

Kandungan air yang banyak dalam melon juga membantu mengencerkan asam lambung.

Baca Juga: Kasusnya Terus Meningkat, Begini Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Perlu Anda Tahu

Jus yang baik untuk asam lambung lainnya

Anda saat ini sudah tahu tentang khasiat jus melon untuk asam lambung, bukan? Tahukah Anda bahwa tidak hanya jus melon saja, lo, yang baik untuk asam lambung.

MomsMoney juga akan memberikan Anda rekomendasi jus yang baik untuk asam lambung lainnya sebagai berikut:

1. Jus mentimun

Jus mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan komponen alkali alami seperti kalsium dan magnesium yang membantu menurunkan pH lambung.

2. Jus pepaya

Jus pepaya mengandung papain, enzim yang meredakan gejala GERD seperti heartburn. Pepaya juga membantu pencernaan dan mencegah konstipasi, yang dapat memperburuk gejala asam lambung.

Baca Juga: Gula Darah Tinggi Harus Makan Apa? Intip Daftarnya Berikut Ini

3. Jus lidah buaya

Jus lidah buaya terkenal dengan kemampuannya mengurangi gejala GERD, seperti heartburn, mual, dan muntah. Ini berkat sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang membantu melawan Helicobacter pylori.

4. Jus pisang

Pisang adalah buah yang rendah asam, sangat baik untuk mengurangi gejala asam lambung. Kandungan seratnya membantu dalam penyerapan asam di perut.

Menurut studi di World Journal of Gastroenterology, makanan yang tinggi serat dapat mengurangi gejala seperti heartburn dengan meningkatkan fungsi otot sfingter esofagus. Ini dapat membantu mencegah asam naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Manfaat Terapi Air Hangat untuk Asam Lambung, Begini Cara Dapatkan Khasiatnya

5. Jus apel

Jus apel kaya akan nutrisi yang mendukung kesehatan asam lambung, termasuk kalsium dan magnesium yang memiliki efek alkali, membantu mengurangi keasaman lambung.

Kalsium dan magnesium juga sering ditemukan dalam obat-obatan untuk asam lambung. Selain itu, apel tinggi serat yang baik untuk pencernaan.

6. Jus semangka

Jus semangka sangat cocok diminum saat cuaca panas dan juga baik bagi penderita asam lambung.

Menurut Integris Health, semangka yang tinggi kandungan airnya bisa membantu melarutkan asam lambung dan mencegahnya naik ke kerongkongan. Semangka juga bersifat alkali yang membantu menetralkan asam lambung.

Baca Juga: Inilah 7 Rekomendasi Sayur untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Apa Saja ya?

7. Jus wortel

Jus wortel tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa meredakan gejala maag. Wortel juga mengandung alkali alami seperti kalsium dan magnesium yang membantu menetralkan asam lambung dan mendukung kesehatan pencernaan.

8. Jus pir

Jus pir merupakan pilihan yang aman bagi penderita GERD karena buah ini tidak tinggi asam. Pir mengandung pektin, serat larut yang membantu pencernaan dan mengurangi gejala maag.

Baca Juga: 15 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Cocok untuk Pejuang Diet!

9. Jus bayam

Jus bayam dapat meredakan gejala asam lambung berkat kandungan magnesiumnya. Bayam yang tinggi serat juga membantu dalam pengelolaan asam lambung.

Nah, demikianlah ulasan lengkap terkait khasiat jus melon untuk asam lambung serta rekomendasi jus lainnya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News