Bugar

Gula Darah Tinggi Harus Makan Apa? Intip Daftarnya Berikut Ini

Gula Darah Tinggi Harus Makan Apa? Intip Daftarnya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Penting untuk memilih makanan yang tepat. Lantas, gula darah tinggi harus makan apa?

Mengelola kadar gula darah merupakan aspek penting bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko tinggi terkena kondisi ini.

Pemilihan makanan yang tepat tidak hanya dapat membantu mengontrol gula darah, tetapi juga mencegah komplikasi jangka panjang. 

MomsMoney akan memberikan Anda beberapa daftar makanan untuk Anda yang memiliki gula darah tinggi. Bersumber dari Very Well Health, berikut adalah daftarnya:

1. Brokoli 

Brokoli mengandung sulforaphane, senyawa yang membantu mengatur protein yang mengontrol sel-sel hati dan respons insulin.

Senyawa ini juga mengurangi resistensi insulin dengan memblokir enzim yang terlibat dalam sintesis ceramide, molekul yang dapat meningkatkan resistensi insulin.

Baca Juga: Inilah 7 Rekomendasi Sayur untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Apa Saja ya?

2. Kacang dan lentil

Kacang-kacangan dan lentil kaya akan serat larut dan pati resisten yang dicerna secara perlahan. Ini membantu menstabilkan gula darah dengan memperlambat laju pengosongan perut, meningkatkan rasa kenyang, dan mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

3. Buah jeruk

Meskipun mengandung gula, buah jeruk memiliki serat tinggi yang memperlambat penyerapan gula ke dalam darah. Hal ini membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Fruktosa yang terkandung dalam buah jeruk juga membantu meningkatkan metabolisme glukosa dan penyerapan oleh sel-sel hati.

Baca Juga: Manfaat Terapi Air Hangat untuk Asam Lambung, Begini Cara Dapatkan Khasiatnya

4. Biji rami

Biji rami adalah sumber serat dan asam lemak omega-3 yang kaya, yang memperlambat pencernaan dan membantu mengatur gula darah dengan mencegah lonjakan setelah makan.

5. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat mengurangi peradangan. Omega-3 juga bermanfaat dalam mengelola resistensi insulin dan mencegah gangguan kadar gula darah.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Mencegah Rambut Rontok, yuk Intip Daftarnya

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, terutama almond dan kenari, mengandung lemak sehat yang membantu meningkatkan kontrol glikemik dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu regulasi pelepasan insulin.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan, gula darah tinggi harus makan apa. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, asam lemak sehat, dan antioksidan dapat membantu mengelola gula darah tinggi secara efektif.

Selain itu, menghindari makanan yang diproses dan kaya gula sederhana juga penting dalam menjaga keseimbangan gula darah. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News