Keluarga

Hanya Gunakan 3 Warna dalam Satu Ruangan untuk Desain yang Maksimal

Hanya Gunakan 3 Warna dalam Satu Ruangan untuk Desain yang Maksimal

MOMSMONEY.ID - Untuk menghasilkan ruangan yang terasa tidak terlalu penuh, Moms bisa gunakan aturan 3 warna dalam satu ruangan. Hasilnya: ruangan jadi tidak terlalu monoton dan  terasa seimbang.

Saat Anda akan mengubah desain sebuah ruangan, menentukan warna utama mungkin terasa lebih mudah. Namun, untuk membuat warna jadi seimbang, ini adalah hal yang lumayan sulit. 

Jadi, berapa warna dalam satu ruangan yang bagus untuk digunakan? Terlalu banyak warna bisa membuat ruangan terasa chaos.

Baca Juga: 5 Warna Cat yang Tidak Cocok Dipadukan dengan Warna Cokelat

Melansir Ideal Home, Anda bebas memilih warna interior yang Anda suka. Namun, ada aturan dan pedoman dalam mendekorasi yang bisa membantu Anda menghasilkan desain yang bagus dan terasa lebih pas. 

Gunakan aturan 3 warna dalam satu ruangan

Setelah memilih warna yang Anda suka, sebaiknya ikuti aturan 3 warna dalam satu ruangan ini. Sederhananya, aturan ini menentukan bahwa Anda tetap berpegang pada palet utama sebanyak tiga warna saat mendekorasi ruangan manapun.

Ini memastikan hasil akhirnya menarik secara visual bukan kerusuhan yang luar biasa untuk dilihat. Atau sebaliknya, terlalu terkoordinasi dan membosankan.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Ruangan Gelap Jadi Lebih Terang

"Pada dasarnya ini semua tentang tetap berpegang pada tiga warna dan berbagai nada dari warna yang sama dalam aksesori untuk menciptakan tampilan yang terkoordinasi," ungkap Direktur Kreatif Dulux Marianne Shillingford. 

"Ini adalah solusi yang elegan dan sederhana ketika dekorasi menipu Anda," katanya, dikutip dari Ideal Home.

Dalam desain interior, aturan tiga warna sering disebut aturan 70-20-10 atau 60-30-10. Ini adalah presentasi penggunaan setiap warna di setiap ruangan.

Dengan aturan tiga warna ini, Anda bisa memilih warna yang dominan terlebih dahulu. Kemudian menambahkan warna pelengkap dan menambahkan warna pengganggu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News