Keluarga

Begini Cara Bikin Ruangan Gelap Jadi Lebih Terang

Begini Cara Bikin Ruangan Gelap Jadi Lebih Terang

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak cara bikin ruangan gelap jadi lebih terang di rumah. Cara ini bisa Moms terapkan di area gelap, seperti gudang atau ruangan lainnya, yang tidak memiliki jendela atau tidak menerima banyak cahaya Matahari. 

Melansir Woman and Home ada banyak alasan kenama ruangan tidak mendapatkan banyak cahaya Matahari. Mulai dari karena letaknya seperti di basement atau karena Anda menyatukan dua ruangan yang tadinya terpisah. Bisa juga karena Anda memiliki banyak pohon tinggi di halaman rumah. 

Apapun alasannya, tetap ada cara terbaik bikin ruangan gelap ini jadi lebih terang. Cara ini akan membuat ruangan gelap yang terasa suram jadi lebih terang dan membawa mood yang baik bagi Anda dan seluruh penghuni rumah. 

Baca Juga: Begini Cara Bikin Udara di Rumah Lebih Dingin Tanpa AC!

Begini cara bikin ruangan gelap jadi lebih terang

Gunakan warna-warna cerah

Cara pertama bikin ruangan gelap jadi lebih terang adalah menggunakan warna-warna terang. Anda bisa menggunakan cat dinding warna putih. Warna yang cerah bisa memantulkan cahaya sehingga seluruh ruangan jadi terasa lebih terang.

Selain itu, warna cat yang cerah akan meningkatkan pencahayaan lampu di malam hari. 

Gunakan benda-benda mengkilap atau berlapis kaca

Memasang beberapa benda yang berkilau juga bisa menjadi cara bikin ruangan gelap lebih terang. Anda bisa memasang pintu kaca atau jendela internal. Bisa juga menggunakan panel kaca. Ini akan membawa cahaya dari ruangan lain bisa masuk ke ruangan yang lebih gelap. 

Letakan cermin dengan tepat

Ruangan yang gelap sangat membutuhkan cermin. Selain membuat ruangan terasa lebih luas, cermin juga bisa membantu ruangan gelap terasa lebih sedikit terang. Cermin yang ditempatkan dengan strategis dekat sumber cahaya akan meningkatkan cahaya di ruangan. 

Baca Juga: Begini Cara Menata Ruang Tamu Kecil Jadi Lebih Luas

Pinjam cahaya dari ruangan lain

Ada banyak cara untuk berbagi ruangan sehingga ruangan gelap jadi lebih terang. Salah satu cara terbaik adalah melihat tata letak rumah Anda dan mempertimbangkan menghapis dinding internal yang bisa bisa membantu aliran cahaya. 

Perhatikan tone pencahayaan

Warna atau tone lampu sangat penting untuk ruangan yang cenderung gelap. Lampu dengan cahaya yang lebih hangat akan membuat ruangan lebih santai dan nyaman. Lampu yang lebih cerah membuat ruangan lebih nyaman untuk bekerja seperti di dapur atau ruang kerja. 

Untuk menerangi ruangan gelap tanpa jendela, penting untuk meniru cahaya alami yang hilang. Sehingga pilih bola lampu yang suhunya sama dengan warna siang hari.

Gunakan pencahayaan berlapis

Menggunakan lampu berlapis dari banyak sumber berbeda selalu pendekatan yang baik untuk digunakan. Untuk ruangan yang gelap, gunakan lampu langit-langit sebagai lampu utama.

Lampu downlight adalah pilihan yang bagus di ruangan gelap tanpa jendela karena bisa mendistribusikan cahaya dengan rata. 

Baca Juga: Begini Cara Bikin Read More WhatsApp dengan Mudah Lengkap dengan Penjelasannya

Pikirkan tentang berbagai penggunaan ruangan dan jenis pencahayaan yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut. Jika itu adalah ruang kerja di rumah, misalnya, Anda akan membutuhkan pencahayaan yang akan membantu Anda fokus dan mendorong produktivitas.

Anda bisa menggunakan lampu lantai lampu meja atau lampu strip LED yang Anda letakan di belakang televisi atau bagian lain yang menonjol di ruangan. 

Beri tambahan lampu di sudut ruangan yang gelap

Lampu samping adalah cara yang bagus untuk menyoroti area tertentu dari sebuah ruang. Bisa dengan lampu meja atau lampu lantai yang bisa membuat ruangan tetap terang saat lampu utama dimatikan.

Selain membuat sudut gelap jadi terang, penggunaan lampu sudut juga bisa menambah kesan yang hangat.

Demikian informasi cara bikin ruangan gelap jadi lebih terang dan tentunya makin estetik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News