Bugar

Gula Darah Rendah Harus Makan Apa? Cek Daftarnya Berikut Ini

Gula Darah Rendah Harus Makan Apa? Cek Daftarnya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Bisa membahayakan jika dibiarkan begitu saja. Gula darah rendah harus makan apa? Ini dia daftarnya!

Gula darah rendah, atau hipoglikemia, adalah kondisi ketika kadar glukosa dalam darah turun di bawah batas normal.

Kondisi ini sering dialami oleh penderita diabetes yang menggunakan insulin atau obat penurun gula darah, namun juga dapat terjadi pada siapa saja.

Gula darah rendah bisa menimbulkan gejala seperti pusing, lemas, gemetar, berkeringat, hingga kehilangan kesadaran jika tidak segera ditangani.

Jika Anda mengalami gula darah rendah, penting untuk segera mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Baca Juga: 14 Tips Sehat dan Bugar di Usia 30 Tahun ke Atas, Bisa Bantu Panjang Umur lo

Lantas, gula darah rendah harus makan apa? Merangkum dari laman Hello Sehat dan Dokter Sehat, berikut adalah daftar makanan yang direkomendasikan:

1. Yoghurt dengan buah

Yoghurt tanpa gula (plain) adalah sumber protein dan lemak yang baik, sementara buah seperti mangga, pisang, atau stroberi memberikan serat dan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh.

Kombinasi keduanya memberikan karbohidrat sebagai energi, sementara protein, lemak, dan serat membantu memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah serta menjaga gula darah tetap stabil.

2. Roti gandum utuh dengan selai kacang

Roti gandum utuh memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat. Selai kacang kaya akan protein dan lemak.

Kombinasi dari biji-bijian, protein, dan lemak ini dapat membantu menaikkan gula darah secara aman dan membuatnya stabil lebih lama serta mencegah gejala hipoglikemia kambuh.

Baca Juga: Alasan Olahraga Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Anda, Cek di Sini

3. Kacang-kacangan

Kacang adalah camilan yang sangat baik untuk menjaga gula darah stabil karena mengandung protein, lemak, dan zat yang memperlambat penyerapan glukosa.

Membawa kacang-kacangan sebagai camilan saat bepergian bisa menjadi solusi mudah jika Anda sering mengalami gula darah rendah.

4. Buah dan keju

Buah adalah sumber serat yang baik, yang membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Beberapa buah seperti apel, pir, dan jeruk mengandung karbohidrat yang cukup untuk membantu menaikkan gula darah.

Anda bisa menambahkan sepotong keju, yang kaya akan protein dan lemak, untuk memperkaya nilai gizinya sekaligus menjaga kestabilan gula darah.

Baca Juga: Mari Coba 11 Jus Pembakar Lemak Terbaik dan Tercepat Menurunkan Berat Badan

5. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Karbohidrat di dalamnya diubah menjadi gula yang memberikan energi secara cepat.

Serat yang terkandung dalam biji-bijian membantu melepaskan gula ke aliran darah secara bertahap, sehingga kadar gula darah tetap stabil.

Contoh makanan dari biji-bijian utuh meliputi: beras merah, popcorn, roti gandum, soba, pasta gandum utuh, bulgur, barley, dan havermut.

6. Buah-buahan segar

Buah adalah sumber serat, vitamin, dan mineral. Untuk mengatasi gula darah rendah, pilih buah utuh daripada jus karena seratnya lebih banyak.

Serat ini membantu menaikkan gula darah secara perlahan dan stabil. Buah yang disarankan termasuk anggur, nanas, pisang, kurma, dan kismis.

Baca Juga: Jangan Makan 10 Buah Ini saat Perut Kosong di Pagi Hari, Apa Saja?

7. Jus buah

Jus buah dapat meningkatkan gula darah dengan cepat, tetapi bisa juga menyebabkan penurunan gula darah yang cepat. B

uah-buahan yang kaya serat seperti jeruk, stroberi, apel, dan pir cocok untuk dibuat jus karena memberikan keseimbangan antara serat dan gula alami. Jus dari melon, berry, plum, dan persik juga baik untuk dikonsumsi.

8. Sayur-sayuran

Sayuran kaya akan serat dan membantu memperlambat pencernaan, sehingga gula darah tetap stabil. Beberapa sayuran yang baik untuk dikonsumsi jika gula darah rendah antara lain kubis, brokoli, ubi, wortel, bayam, kacang hijau, selada, dan mentimun.

Baca Juga: Berapa Nilai Normal Gula Darah Puasa? Ayo Cek di Sini

9. Daging tanpa lemak dan protein non-hewani

Mengonsumsi daging tanpa lemak atau protein non-hewani setiap hari bisa membantu mencegah gula darah rendah.

Contoh daging tanpa lemak termasuk ayam, ikan, daging babi, sapi muda, dan domba. Jika Anda tidak suka daging, Anda bisa memilih alternatif seperti telur, selai kacang, kacang-kacangan, dan tahu.

10. Lemak sehat

Lemak sehat dari sumber nabati, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, minyak alpukat, dan minyak zaitun, baik untuk dikonsumsi oleh orang yang mengalami gula darah rendah.

Lemak ini dicerna perlahan oleh tubuh, sehingga membantu menjaga keseimbangan gula darah. Namun, konsumsi lemak harus dibatasi karena tinggi kalori.

Nah, itulah ulasan lengkap terkait gula darah rendah harus makan apa saja. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya.

Tonton: Cek Cara Menurunkan Gula Darah Setelah Makan Malam

Selanjutnya: Prabowo Perlu Rogoh Anggaran Rp 3,75 Triliun untuk Gaji dan Tunjangan Menteri & Wamen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News