Bugar

Daftar Makanan Penyembuh Asam Lambung yang Dapat Anda Coba

Daftar Makanan Penyembuh Asam Lambung yang Dapat Anda Coba

MOMSMONEY.ID - Gejala yang ditimbulkan dari asam lambung naik terkadang menyiksa bagi penderitanya. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara penyembuhan asam lambung yang tepat. Makanan merupakan salah satu cara efektifnya. Ada beberapa makanan penyembuh asam lambung yang dapat Anda coba.

Berikut telah Momsmoney rangkumkan daftar makanan penyembuh asam lambung yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Jahe

Dikenal akan efeknya yang dapat membuat otot-otot dinding lambung lebih rileks, jahe efektif untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu, jahe juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan di kerongkongan yang disebabkan oleh asam lambung.

Baca Juga: 11 Buah Penurun Asam Lambung yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

2. Lidah Buaya

Selain dikenal akan manfaatnya pada kulit, lidah buaya juga bisa meredakan gejala asam lambung berkat zat antiinflamasinya yang mengurangi produksi asam. Lidah buaya dapat dikonsumsi dalam bentuk jus atau sebagai minuman segar.

3. Oatmeal

Kaya akan serat, oatmeal membantu menyerap asam lambung, meredakan gejala reflux, dan memberikan rasa kenyang lebih lama yang bisa mencegah makan berlebih. Makan berlebih dapat meningkatkan tekanan pada sfingter esofagus bawah (LES), sehingga memicu heartburn.

4. Sayuran

Sayuran seperti brokoli, pokcoy, selada, timun, kentang, dan buncis memiliki kandungan lemak dan gula yang rendah, menjadikannya pilihan yang baik untuk penderita asam lambung karena tidak memicu peningkatan produksi asam.

Baca Juga: Layak Dicoba, Ini 6 Pilihan Menu Sarapan untuk Penderita Asam Lambung

5. Daging tanpa Lemak

Melansir dari Alodokter, makanan yang berlemak membutuhkan waktu lama untuk dicerna, yang menyebabkan lambung menghasilkan lebih banyak asam. Pilihlah daging tanpa lemak dan hindari metode memasak seperti menggoreng. Pilihan yang baik termasuk daging yang dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

6. Roti Gandum

Roti gandum atau yang mengandung biji-bijian utuh kaya akan vitamin, serat, dan nutrisi yang mendukung kesehatan lambung. Serat dalam roti gandum dapat mengurangi asam lambung dan mengurangi frekuensi heartburn.

7. Yoghurt

Meskipun memiliki rasa yang sedikit asam, yoghurt adalah pilihan yang baik untuk penderita asam lambung karena kandungan kalsium dan proteinnya. Kalsium berfungsi sebagai antasida yang menetralkan asam lambung, sementara protein membantu meningkatkan fungsi katup otot lambung.

Pastikan untuk memilih yoghurt rendah lemak, karena yoghurt tinggi lemak bisa memicu peningkatan asam lambung.

Baca Juga: 7 Minuman Pereda Asam Lambung yang Terbukti Efektif, Intip Daftarnya yuk!

8. Pisang

Pisang matang memiliki pH yang lebih tinggi, yang dapat membantu menetralkan asam lambung dan melindungi lambung dari iritasi.

9. Semangka

Buah ini kaya akan kandungan air dan bersifat basa, yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Buah lain yang juga baik untuk penderita asam lambung termasuk melon, apel, dan pir.

Nah, itulah beberapa makanan penyembuh asam lambung yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Download Logo Hari Bhayangkara ke 78 Tahun, Unduh Gratis di Sini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News