Bugar

11 Buah Penurun Asam Lambung yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

11 Buah Penurun Asam Lambung yang Ampuh dan Mudah Didapatkan

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara alami untuk mengendalikan kondisi asam lambung naik adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Buah tertentu rupanya dapat membantu menurunkan kadar asam dalam lambung. Namun, tak banyak yang tahu buah penurun asam lambung yang ampuh.

Menyadur dari laman Dokter Sehat, berikut ini adalah 11 buah penurun asam lambung yang ampuh dan dapat Anda coba:

1. Semangka

Kandungan air yang tinggi dalam semangka membantu menetralisir asam lambung dan menjaga hidrasi tubuh. Ini membuatnya sempurna untuk konsumsi harian bagi penderita asam lambung.

Baca Juga: Layak Dicoba, Ini 6 Pilihan Menu Sarapan untuk Penderita Asam Lambung

2. Alpukat

Meskipun alpukat kaya akan lemak, lemak ini adalah lemak sehat yang dapat membantu melapisi dinding lambung dan mengurangi iritasi yang disebabkan oleh asam lambung berlebih.

3. Pisang

Pisang adalah buah yang memiliki pH rendah, sekitar 5, yang membantu menetralkan keasaman lambung. Buah ini mudah dicerna dan kaya nutrisi. Anda bisa menikmatinya langsung atau diolah menjadi jus segar.

Baca Juga: 8 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Apa Saja ya?

4. Melon

Melon adalah buah yang harus ada dalam menu makanan Anda jika mengalami masalah asam lambung. Kandungan air yang tinggi dan magnesium dalam melon membantu menurunkan asam lambung. Dengan pH hanya 6.1, melon sangat ramah di lambung.

5. Apel

Apel mengandung magnesium, yang berperan penting dalam mengurangi asam lambung. Buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral lain yang mendukung kesehatan tubuh.

Baca Juga: Lebih Sehat untuk Tubuh, Ini 6 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Patut Dicoba

6. Kelapa

Kelapa memiliki keasaman yang rendah, membuatnya aman untuk dikonsumsi oleh penderita refluks asam lambung. Buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

7. Kurma

Kurma memiliki pH rendah yang tidak memicu peningkatan produksi asam lambung. Buah ini juga energik, menjadikannya ideal untuk dikonsumsi saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi.

Baca Juga: 7 Minuman Pereda Asam Lambung yang Terbukti Efektif, Intip Daftarnya yuk!

8. Pepaya

Pepaya mengandung papain, enzim yang membantu mengurangi gejala nyeri ulu hati dan mendukung pencernaan yang sehat. Buah ini juga bermanfaat untuk mencegah diabetes dan penyakit jantung.

9. Berbagai Beri

Meskipun beri seperti strawberry dan raspberry asam, buah tersebut tidak meningkatkan asam lambung jika dikonsumsi. Beri-berian kaya antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan dan mencegah kerusakan sel.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Bengkuang untuk Asam Lambung, Bisa Kurangi Peradangan

10. Persik

Persik memiliki pH rendah dan kaya magnesium, yang membantu mengontrol asam lambung. Buah ini juga kaya akan vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan secara umum.

11. Lemon

Walaupun lemon asam, air perasan lemon yang dicampur dengan madu bisa membantu menurunkan dan menetralisir asam lambung.

Nah, itulah daftar buah penurun asam lambung yang ampuh. Anda dapat memasukkannya ke dalam daftar menu harian dalam upaya mengelola asam lambung. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News