Bugar

Layak Dicoba, Ini 6 Pilihan Menu Sarapan untuk Penderita Asam Lambung

 Layak Dicoba, Ini 6 Pilihan Menu Sarapan untuk Penderita Asam Lambung

MOMSMONEY.ID - Asam lambung yang tinggi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama jika tidak diatur melalui pola makan yang tepat. Sarapan menjadi momen krusial bagi penderita asam lambung karena memulai hari dengan makanan yang salah bisa memperburuk kondisi. Apa saja menu sarapan untuk penderita asam lambung yang terbaik?

Melansir dari laman Klik Dokter, berikut ini enam pilihan menu sarapan untuk penderita asam lambung yang sehat dan bergizi:

1. Oatmeal

Oatmeal sangat rendah asam dan bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan satu ini mudah dicerna dan kaya akan nutrisi. Tambahkan susu almond dan potongan apel atau pisang untuk membuat oatmeal Anda lebih menarik.

Baca Juga: 8 Manfaat Pakcoy untuk Kesehatan Tubuh yang Luar Biasa, Apa Saja ya?

2. Ayam dan Kalkun

Protein rendah lemak seperti ayam dan kalkun bisa menjadi pilihan sarapan yang baik bagi penderita GERD. Cincang ayam atau kalkun dan buatlah menjadi bakso, nugget, atau chicken fingers yang bisa dinikmati saat sarapan.

3. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, selada, dan kale dapat membantu menetralkan asam lambung. Buatlah salad dengan sayuran rebus dan potongan ayam untuk sarapan yang menyehatkan. Bayam dan kale juga bisa diiris dan dicampur dengan jamur serta kacang polong untuk dibuat omelet.

Baca Juga: Lebih Sehat untuk Tubuh, Ini 6 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Patut Dicoba

4. Buah dan Sayuran Bersifat Alkali

Buah-buahan seperti apel, pisang, kelapa, alpukat, pir, dan blueberry memiliki sifat alkali dan dapat mengurangi asam. Anda bisa menikmatinya secara langsung atau sebagai tambahan pada sereal, oatmeal, atau pancake. Untuk sayuran alkali, kentang, labu manis, dan zucchini adalah pilihan yang baik.

5. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif sebagai obat alami untuk refluks asam dan masalah pencernaan lainnya. Parut atau potong jahe segar untuk ditambahkan ke dalam teh atau smoothie.

Baca Juga: 7 Minuman Pereda Asam Lambung yang Terbukti Efektif, Intip Daftarnya yuk!

6. Susu Almond atau Kedelai

Ganti susu sapi dengan susu almond atau kedelai saat makan sereal untuk variasi yang lebih sehat. Perhatikan bahwa tidak semua susu nabati memiliki pH yang sama; beberapa seperti susu kacang mete mungkin bisa memicu produksi asam dan menyebabkan refluks saat sarapan.

Itulah beberapa menu sarapan untuk penderita asam lambung yang sehat dan bergizi. Memilih menu sarapan yang tepat sangat penting bagi penderita asam lambung. Makanan-makanan di atas tidak hanya membantu mencegah iritasi lebih lanjut tetapi juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk memulai hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News