Keluarga

Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Makan 5 Buah Ini yuk

Cegah Dehidrasi saat Cuaca Panas, Makan 5 Buah Ini yuk

MOMSMONEY.ID - Salah satu cara mencegah dehidrasi adalah memenuhi kebutuhan air dalam tubuh. Yuk, simak buah apa saja yang mengandung banyak air dan baik dikonsumsi saat cuaca panas berlebih.

Melansir Healthline, memenuhi kebutuhan air tubuh sangat penting bagi kesehatan Anda. Namun, cara memenuhi kebutuhan air tidak hanya berasal dari air minum, lo.

Melalui makanan yang mengandung banyak air seperti buah-buahan, juga sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan air. 

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Kulit Menjadi Kering dan Mengelupas

Nah, di cuaca panas berlebih seperti saat ini, Anda harus lebih serius memperhatikan pemenuhan kebutuhan air.

Jika kurang minum air, maka Anda mudah terkena dehidrasi yang bisa menyebabkan kelelahan, sakit kepala, masalah kulit, kram otot, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang sangat cepat. 

Daftar buah yang mengandung banyak air untuk mencegah dehidrasi

Semangka

Ternyata semangka memiliki 92% kandugan air. Ini adalah buah yang paling bagus untuk memenuhi kebutuhan air Anda. 

154 gram semangka mengandung 118 mililiter air. Selain itu semangka juga memiliki banyak serat dan nutrisi penting seperti Vitamin C, Vitamin A dan Magnesium. 

Selain itu semangka hanya memiliki 46 kalori per cangkir. Selain banyak manfaatnya, Semangka juga masih aman untuk diet Anda!

Strawberry

Strawberry terdiri dari 91% kandungan air. Artinya 91% dari berat strawberry merupakan air yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh. 

Selain itu strawberry juga memiliki banyak serat, kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral seperti Vitamin C dan Asam Folat. 

Mengonsumsi strawberry secara rutin setiap hari bisa mengurangi inflamasi yang bis melindungi dari sakit jantung, diabetes, alzheimer dan beberapa jenis kanker. 

Blewah

Buah blewah adalah buah melon dengan lebih banyak gizinya yang bisa meningkatkan kesehatan Anda. 177 gram buah blewah mengandung 90% air atau setara 118 ml air. 

Selain itu 177 gram blewah mengandung 2 gram serat yang akan bekerja bersama air untuk membuat rasa kenyang. Blewah juga banyak mengandung vitamin A yang memenuhi 120% kebutuhan vitamin Anda per 177 gram blewah.

Baca Juga: Promo Wingstop, Ada Diskon 50% hingga Rp 50.000 lo

Peach atau Persik

Buah Persik adalah buah yang sangat padat nutrisi dan menghidrasi. 90% berat persik terdiri dari air. Persik juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda seperti Vitamin A, Vitamin C, vitamin B dan potasium. 

Jeruk

Jeruk adalah salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah ini ternyata mengandung 80% air lo yang bagus untuk mencegah dehidrasi.

Manfaat lain dari buah jeruk adalah mengandung Vitamin C dan potasium yang memperbaiki fungsi imun Anda an kesehatan jantung. Jeruk juga kaya akan oksidan yang bisa mencegah Anda mudah sakit. 

Itu tadi 5 buah yang mengandung banyak air dan baik dikonsumsi saat cuaca panas berlebuh untuk mencegah dehidrasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News