Bugar

Kenali 4 Penyebab Kulit Menjadi Kering dan Mengelupas

Kenali 4 Penyebab Kulit Menjadi Kering dan Mengelupas

MOMSMONEY.ID - Terasa tidak nyaman, inilah penyebab kulit menjadi kering dan mengelupas. Masalah kulit ini bisa dialami oleh siapa saja, pria ataupun wanita. 

Kulit kering dan mengelupas harus segera diobati agar tidak menimbulkan efek yang lebih parah. Sebelum mengobatinya, ada baiknya Anda cari tahu penyebabnya.

Melansir dari natur-e.co.id, simak penjelasannya di bawah ini : 

1. Paparan Bahan Kimia

Penyebab kulit menjadi kering dan mengelupas adalah paparan bahan kimia. Mulai dari penggunaan sabun, deterjen baju, sabun cuci piring, hingga hand sanitizer bisa menghilangkan kelembapan alami kulit. Pilih produk dengan formula lembut untuk mencegah kulit kering mengelupas.

2. Berkurangnya Produksi Sebum

Berkurangnya produksi sebum juga menjadi penyebab kulit kering dan mengelupas. Genetika dapat meningkatkan risiko mengalami kulit kering dan meningkatkan peluang terkena eksim.

Selain itu, pengaruh hormon dan pertambahan usia membuat kulit menghasilkan lebih sedikit sebum dan membuat kulit makin kering.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mencoba Produk Perawatan Kulit yang Baru, Gimana?

3. Banyak Beraktivitas di Bawah Terik Matahari

Penyebab kulit kering dan mengelupas selanjutnya adalah banyak beraktivitas di bawah terik matahari. Tinggal di negara beriklim tropis membuatmu mudah menemukan sumber vitamin D, yang baik bagi tubuh.

Akan tetapi, paparan sinar matahari yang terik dan berlebihan juga memicu kerusakan kulit, termasuk kering.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Penyebab kulit kering dan mengelupas lainnya adalah efek samping obat-obatan. Selain bisa menjadi salah satu tanda gangguan kesehatan, kulit kering juga dapat dipicu oleh penggunaan obat-obatan tertentu.

Asam salisilat yang dapat mengatasi jerawat, memiliki efek samping mengeringkan kulit.

Jadi, itulah penyebab kulit menjadi kering dan mengelupas yang wajib Anda sadari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News