Bugar

Buah Penurun Darah Tinggi Ini Bisa Anda Coba, Cek yuk Ada Apa Saja

Buah Penurun Darah Tinggi Ini Bisa Anda Coba, Cek yuk Ada Apa Saja

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa buah penurun darah tinggi paling cepat yang direkomendasikan, lo. Apa saja?

Darah tinggi jika dibiarkan begitu saja bisa memicu timbulnya penyakit lain, seperti stroke dan penyakit jantung. Dalam upaya menanganinya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan.

Bersumber dari Emedicine Health, inilah sepuluh buah penurun darah tinggi paling cepat yang bisa Anda konsumsi:

1. Kiwi

Kiwi kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C, yang telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada individu yang mengonsumsinya setiap hari selama beberapa minggu.

Selain itu, kiwi juga mengandung potasium yang membantu dalam mengendalikan tekanan darah.

Baca Juga: Ciri-ciri Kurang Darah atau Anemia yang Sering Terabaikan, Apa Saja ya?

2. Pisang

Pisang adalah sumber potasium yang sangat baik, dimana potasium membantu mengendalikan tekanan darah dengan mengurangi efek sodium dalam tubuh. Mengonsumsi pisang secara teratur dapat membantu dalam mempertahankan tekanan darah pada level yang sehat.

3. Bit

Bit merah kaya akan nitrat, yang dalam tubuh diubah menjadi nitric oxide. Nitric oxide membantu dalam melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Apakah Kangkung Menyebabkan Asam Urat? Cek Jawabannya di Sini

4. Semangka

Semangka mengandung citrulline, sebuah asam amino yang dapat meningkatkan produksi nitric oxide dalam tubuh. Nitric oxide membantu melebarkan pembuluh darah, yang dapat menurunkan tekanan darah.

5. Kurma

Kurma kaya akan potasium, magnesium, dan vitamin B6, yang semua berkontribusi terhadap kesehatan jantung dan pengaturan tekanan darah.

Baca Juga: Pencernaan Auto Lancar, Yuk Coba Olahraga untuk Mengatasi Sembelit!

6. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat, potasium, dan magnesium. Mengonsumsi alpukat dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah dan kolesterol, yang keduanya penting untuk kesehatan jantung.

7. Jeruk

Jeruk dan buah sitrus lainnya tinggi dalam vitamin C dan potasium, yang keduanya penting dalam mengatur tekanan darah. Mengonsumsi jus jeruk segar secara teratur dapat membantu dalam menjaga tekanan darah tetap stabil.

Baca Juga: Anda Wajib Waspada, Ketahui Gejala Demam Berdarah Berdasarkan Keparahannya

8. Mangga

Mangga mengandung fiber, vitamin C, dan beta karoten. Semua nutrisi ini membantu dalam menurunkan tekanan darah. Mangga juga merupakan sumber potasium yang baik, yang membantu dalam mengimbangi efek negatif sodium dalam tubuh.

9. Berries

Berries seperti blueberry, raspberry, dan strawberry kaya akan flavonoid, yang dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah melalui sifat anti-inflamasinya.

Baca Juga: Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Bantu Kontrol Gula Darah dan Sehatkan Pencernaan

10. Tomat

Tomat kaya akan lycopene, antioksidan yang telah terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah. Pastikan untuk mengonsumsi tomat segar atau jus tomat tanpa garam tambahan untuk manfaat maksimal.

Demikianlah rekomendasi buah penurun darah tinggi paling cepat yang dapat Anda coba. Konsumsi buah-buahan ini diiringi dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan, termasuk berolahraga secara teratur, menghindari rokok, dan mengurangi konsumsi alkohol. 

Selanjutnya: Temu Kerabat Saat Lebaran Bisa Jadi Ladang Cuan dari Deposito Referral Save

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News