Bugar

Apakah Kangkung Menyebabkan Asam Urat? Cek Jawabannya di Sini

Apakah Kangkung Menyebabkan Asam Urat? Cek Jawabannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Salah satu sayuran yang sering dituduh sebagai penyebab asam urat adalah kangkung. Namun, apakah kangkung menyebabkan asam urat?

Asam urat adalah kondisi yang terjadi ketika terdapat penumpukan kristal asam urat di dalam sendi, yang dapat menyebabkan peradangan dan nyeri.

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah, seafood, dan beberapa jenis sayuran.

Kangkung adalah sayuran hijau yang populer di Asia Tenggara. Ia dikenal karena kandungan nutrisinya yang baik, seperti vitamin A, vitamin C, dan mineral.

Terkait dengan asam urat, kangkung sering disebut-sebut sebagai salah satu sayuran yang mengandung purin.

Baca Juga: Sederet Sayuran Tinggi Purin, Benarkah Bikin Asam Urat Melonjak Naik?

Namun, berdasarkan penelitian, kandungan purin dalam kangkung sebenarnya tergolong sedang. Dikutip dari Kementerian Kesehatan, ada data yang menyebutkan, per 100 gram kangkung hanya mengandung purin sekitar 9-100 miligram.

Menyadur dari Halodoc, makanan dikatakan tinggi kandungan purin apabila dalam setiap 100 gramnya terkandung purin sebanyak 100 hingga 1000 miligram.

Contoh makanan yang tinggi purin meliputi otak, hati, jantung, ginjal, dan berbagai jenis jeroan lainnya, juga termasuk ekstrak daging atau kaldu, bebek, ikan sarden, dan kerang.

Meskipun begitu, konsumsi kangkung berlebihan juga tidak disarankan. Sebab, hal tersebut berpotensi memicu serangan asam urat. Kentang, kacang polong, jamur, dan terong dapat menjadi alternatif pilihan makanan bagi penderita asam urat.

Baca Juga: Apakah Asam Urat Boleh Diurut? Intip Jawabannya di Sini

Sebagai sumber protein tambahan, kedelai dan tahu bisa menjadi pilihan yang baik. Dianjurkan juga untuk mengonsumsi biji-bijian utuh, seperti gandum, terutama saat mengalami serangan asam urat. Konsumsi makanan tersebut dapat membantu meredakan gejala asam urat.

Demikianlah pembahasan sekaligus jawaban atas pertanyaan, apakah kangkung menyebabkan asam  urat atau tidak.

Berdasarkan bukti yang ada, kangkung tidak terbukti menyebabkan asam urat. Konsumsi kangkung dalam jumlah wajar seharusnya tidak menimbulkan masalah bagi penderita asam urat.

Namun, penting untuk mempertimbangkan keseluruhan pola makan dan gaya hidup dalam mengelola kadar asam urat. Jika Anda memiliki kekhawatiran khusus tentang diet dan asam urat, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News