Bugar

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Bantu Kontrol Gula Darah dan Sehatkan Pencernaan

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan, Bantu Kontrol Gula Darah dan Sehatkan Pencernaan

MOMSMONEY.ID - Disebut bisa kontrol gula darah hingga menyehatkan pencernaan, intip manfaat labu siam untuk kesehatan di sini.

Labu siam dikenal juga sebagai chayote atau sechium edule. Labu siam adalah sayuran yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Tidak hanya lezat, labu siam juga kaya akan nutrisi yang memberikan berbagai manfaat kesehatan, lo.

Labu siam merupakan sumber nutrisi yang luar biasa, menyediakan beragam vitamin, mineral, dan serat penting. Satu buah labu siam berukuran sedang (sekitar 203 gram) mengandung nutrisi sebagai berikut:

Baca Juga: Apakah Asam Urat Boleh Diurut? Intip Jawabannya di Sini

  • Kalori: 39
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 4 gram – 14% dari Rekomendasi Asupan Harian (RDI)
  • Vitamin C: 26% dari RDI
  • Vitamin B9 (folat): 47% dari RDI
  • Vitamin K: 10% dari RDI
  • Vitamin B6: 8% dari RDI
  • Mangan: 19% dari RDI
  • Tembaga: 12% dari RDI
  • Seng: 10% dari RDI
  • Kalium: 7% dari RDI
  • Magnesium: 6% dari RDI

Labu siam dikenal akan kandungan folatnya yang tinggi, yang penting untuk proses pembelahan sel. Selain itu, labu siam juga memiliki kandungan kalori yang rendah dan bebas lemak serta natrium, menjadikannya pilihan yang baik untuk diet sehat dan seimbang.

Baca Juga: 11 Tanda Tubuh Anda Alami Gula Darah Tinggi, Wajib Waspada ya

Menyadur dari Healthline, yuk ketahui beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan berikut:

1. Menyehatkan jantung

Konsumsi labu siam dapat membantu meningkatkan beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam labu siam dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan menurunkan tekanan darah. Antioksidan myricetin dalam labu siam juga telah terbukti menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Asam Urat

2. Meningkatkan kontrol gula darah

Labu siam rendah karbohidrat dan tinggi serat larut yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Serat larut memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, serta mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa senyawa tanaman dalam labu siam dapat meningkatkan sensitivitas insulin yang penting untuk kontrol gula darah.

3. Mendukung kehamilan yang sehat

Labu siam adalah sumber folat yang sangat baik, nutrisi penting untuk perkembangan janin yang tepat selama kehamilan. Asupan folat yang cukup dapat mencegah kelainan bawaan dan mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

Baca Juga: Konsumsi Jus Ini Bisa Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat lo

4. Efek antikanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam labu siam dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker tertentu. Meskipun hasil ini menjanjikan, diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan efek antikanker labu siam.

5. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Labu siam kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C, yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan mendukung produksi kolagen untuk kulit yang tampak lebih muda.

Baca Juga: Catat! Ini Daftar Buah yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat

6. Mendukung fungsi hati

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak labu siam dapat melindungi terhadap penumpukan lemak di hati. Hal ini dapat membantu mencegah atau mengobati penyakit hati berlemak.

7. Manajemen berat badan yang sehat

Labu siam rendah kalori dan tinggi serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: Inilah Daftar Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Urat dan Tips Memasaknya!

8. Menyehatkan pencernaan

Flavonoid dan serat dalam labu siam dapat mendukung fungsi pencernaan yang sehat dan membantu menjaga kesehatan bakteri usus.

Nah, itulah ulasan lengkap terkait nutrisi hingga manfaat labu siam untuk kesehatan. Dengan manfaat tersebut, tentu sayang rasanya untuk melewatkan labu siam dalam menu makanan Anda.

Labu siam adalah sayuran serbaguna yang dapat dimasak dalam berbagai cara, seperti direbus, dipanggang, atau ditumis. Kombinasikan juga dengan makanan sehat lainnya untuk memastikan Anda mendapatkan beragam nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan yang optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News