Bugar

Berdampak Langsung Pada Kesehatan Manusia, Ini Lima Kunci Keamanan Pangan

Berdampak Langsung Pada Kesehatan Manusia, Ini Lima Kunci Keamanan Pangan

MOMSMONEY.ID - Pangan menjadi salah satu hal penting bagi kehidupan. Bahkan, pengelolaan pangan yang bersih dan baik juga bisa mencegah berbagai penyakit tidak menular.

Wakil Menteri Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono pun mengingatkan agar masyarakat memastikan bahwa pangan diproduksi dan dikonsumsi dengan cara yang aman, mulai dari pemilihan bahan, penyimpanan, pemasakan, penyajian hingga pengangkutan.

Menurutnya, salah satu hal yang penting diperhatikan dalam pangan adalah higiene dan sanitasi, yakni pangan harus aman untuk kesehatan, mengingat keamanan pangan berdampak langsung pada kesehatan manusia.

Dante pun mengimbau masyarakat menerapkan lima kunci keamanan pangan. Kunci keamanan pangan yakni pertama, selalu menjaga kebersihan.

Kedua, memisahkan pangan mentah dan matang.

Ketiga, memasak dengan benar.

Keempat, menggunakan air dan bahan pangan yang aman, dan kelima menjaga pangan pada suhu yang aman.

"Jika lima kunci ini diterapkan di rumah tangga dan tempat pengelolaan pangan, diharapkan pangan siap saji yang dikonsumsi masyarakat memenuhi syarat aman dan sehat, sehingga tidak ada lagi orang yang meninggal akibat pangan tidak aman dan tidak sehat, dan kita bisa mencegah Kejadian Luar Biasa (KLB) seperti keracunan pangan,” ujar Dante seperti dikutip dari situs Kemenkes, Selasa (11/6).

Baca Juga: 7 Manfaat Rutin Minum Air Kelapa Setiap Hari, Salah Satunya Kontrol Tekanan Darah

Bukan hanya higiene dan sanitasi, hal penting lainnya yang harus diperhatikan terkait pangan adalah kandungan gizi/nutrisi, yakni pangan harus sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia sesuai siklus hidupnya.

Untuk memperingati Hari Keamanan Sedunia tahun 2024, tema nasional yang diusung adalah adalah “Pangan Aman dan Sehat adalah Tugas Bersama untuk Menghadapi Hal yang tak Terduga”.

Menurut Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Anas Ma’ruf, ada tiga isu besar yang perlu menjadi perhatian. Yaitu, pertama, ancaman kekurangan pangan akibat perubahan iklim. Kedua, program pemberian makanan bergizi, aman, dan sehat pada anak sekolah.

Ketiga, program pemberian makanan tambahan (PMT) bergizi, aman, dan sehat pada balita.

Anas berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan Hari Keamanan Pangan Sedunia ini, seluruh pihak dapat berkontribusi menghadirkan pangan yang sehat kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News