Bugar

Berapa Kalori yang Dibutuhkan saat Diet? Cari Tahu di Sini!

 Berapa Kalori yang Dibutuhkan saat Diet? Cari Tahu di Sini!

MOMSMONEY.ID - Sebenarnya, berapa kalori yang dibutuhkan saat diet ya? Yuk, intip jawabannya di sini!

Menentukan kebutuhan kalori saat diet adalah langkah penting untuk mencapai tujuan penurunan berat badan.

Setiap orang membutuhkan jumlah kalori yang berbeda-beda, tergantung pada faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, dan tujuan diet.

Jadi, berapa kalori yang dibutuhkan saat diet? Mari kita cari tahu!

Baca Juga: Rekomendasi Minyak yang Baik untuk Diet Ada di Sini, Cek yuk

Dikutip dari Halodoc, umumnya wanita berusia 19 hingga 30 tahun memerlukan sekitar 2.000 hingga 2.400 kalori per hari untuk menjaga berat badan.

Wanita yang berusia 31 hingga 59 tahun biasanya membutuhkan kalori sedikit lebih rendah, yaitu antara 1.800 hingga 2.200 kalori per hari. Sedangkan, wanita di atas 60 tahun memerlukan sekitar 1.600 hingga 2.000 kalori per hari.

Untuk menurunkan berat badan, idealnya Anda cukup mengurangi 500 kalori per hari untuk mencapai penurunan berat badan sekitar 0,5-1 kg per minggu.

Seperti wanita, kebutuhan kalori pria juga bervariasi tergantung beberapa faktor. Berdasarkan pedoman Dietary Guidelines for Americans, pria berusia 19 hingga 30 tahun memerlukan 2.400 hingga 3.000 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan.

Seiring bertambahnya usia, kebutuhan kalori pria berkurang. Pria berusia 31 hingga 59 tahun umumnya memerlukan 2.200 hingga 3.000 kalori per hari.

Sementara itu, pria di atas 60 tahun memerlukan 2.000 hingga 2.600 kalori per hari.

Untuk diet penurunan berat badan, pedoman pengurangan kalori serupa dengan wanita, yakni mengurangi 500 kalori per hari.

Baca Juga: Bisa Jangkiti Kaum Muda, Ini Ciri-Ciri Kolesterol di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Namun, banyak orang, terutama wanita, merasa pengurangan 500 kalori per hari terlalu lambat untuk melihat hasil, sehingga mereka mengurangi asupan di bawah 1.500 kalori.

Menurut Michelle Davenport, Ph.D, ahli gizi, wanita yang aktif setidaknya harus mengonsumsi 1.200-1.400 kalori per hari. Ini penting agar tubuh tetap mendapatkan energi yang cukup dan metabolisme tidak terganggu.

Jika Anda berolahraga secara rutin, penting untuk menambah asupan kalori untuk menggantikan kalori yang terbakar saat beraktivitas, kata Davenport, seperti yang dikutip dari Women’s Health.

Perhitungan ini hanya perkiraan kasar. Faktor lain seperti usia, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas, dan kesehatan metabolik juga perlu diperhitungkan.

Untuk mengetahui kebutuhan kalori yang tepat, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli gizi. Demikianlah ulasan terkait berapa kalori yang dibutuhkan saat diet.

Baca Juga: Efek Gula Darah Tinggi pada Wanita yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Menyadur dari Hello Sehat, berikut adalah beberapa tips diet menurunkan berat badan sambil tetap memenuhi kebutuhan kalori Anda:

1. Makan Lebih Banyak Protein

Protein bisa membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan pembakaran kalori. Tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna protein, sehingga proses ini secara tidak langsung membakar lebih banyak kalori.

2. Hindari Minuman Manis

Minuman manis seperti soda, jus buah, dan minuman ringan lainnya bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Kalori dalam bentuk cair dari minuman manis tidak membuat otak Anda sadar bahwa tubuh sudah menerima banyak kalori, berbeda dengan kalori dari makanan padat. Ini bisa membuat Anda tetap merasa lapar dan makan lebih banyak.

Baca Juga: Waspada! Begini Ciri-Ciri Mpox atau Cacar Monyet dan Cara Menanganinya

3. Minum Banyak Air Putih

Minum air putih secara teratur bisa membantu menurunkan berat badan. Minum air sebelum makan dapat mengurangi rasa lapar sehingga Anda makan lebih sedikit.

Selain itu, minum banyak air juga bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh setiap hari.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga teratur membantu menjaga keseimbangan antara kalori yang masuk dan yang dibakar. Latihan beban sangat penting karena bisa mencegah hilangnya massa otot dan menjaga metabolisme tetap berjalan optimal.

Baca Juga: Amankah Gula Jagung untuk Diabetes Sebenarnya? Ini Kata Penelitian

5. Kurangi Asupan Karbohidrat

Kurangi konsumsi karbohidrat olahan dan gula. Penelitian menunjukkan bahwa membatasi asupan karbohidrat bisa membantu menurunkan berat badan 2-3 kali lebih efektif dibanding membatasi lemak.

Mengurangi karbohidrat juga bisa menurunkan nafsu makan sehingga Anda makan lebih sedikit.

Semoga informasi terkait berapa kalori yang dibutuhkan saat diet ini bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News