Bugar

Rekomendasi Minyak yang Baik untuk Diet Ada di Sini, Cek yuk

Rekomendasi Minyak yang Baik untuk Diet Ada di Sini, Cek yuk

MOMSMONEY.ID - Jika sedang diet menurunkan berat badan, Anda bisa coba gunakan minyak yang baik untuk diet berikut ini.

Ketika berbicara tentang diet sehat, banyak orang langsung berpikir untuk menghindari segala bentuk minyak karena dianggap sebagai sumber lemak yang tidak sehat.

Namun, tidak semua minyak itu buruk bagi tubuh. Faktanya, beberapa jenis minyak justru memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa dan bisa mendukung program diet Anda.

Pemilihan minyak yang tepat sangat penting karena beberapa minyak kaya akan lemak sehat yang baik untuk jantung dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: Bisa Jangkiti Kaum Muda, Ini Ciri-Ciri Kolesterol di Usia Muda yang Perlu Diwaspadai

Melansir dari Good Doctor, berikut adalah rekomendasi minyak yang baik untuk diet yang dapat Anda coba:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah pilihan bagus untuk diet karena mengandung lemak tak jenuh. Minyak ini diekstrak dari inti kelapa dan mengandung trigliserida rantai menengah, terutama asam laurat, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Minyak kelapa extra virgin disarankan untuk diet. Namun perlu diingat bahwa minyak kelapa bisa rusak pada suhu yang sangat tinggi, sehingga lebih baik tidak digunakan untuk menggoreng.

Baca Juga: Efek Gula Darah Tinggi pada Wanita yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu pilihan terbaik untuk diet. Minyak ini mengandung lemak sehat yang dikenal dapat mencegah penyakit jantung dan kanker. Minyak zaitun juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, minyak zaitun extra virgin juga diketahui dapat mengurangi risiko kanker payudara dan dianggap efektif untuk menurunkan berat badan.

3. Minyak canola

Minyak canola berasal dari biji tanaman keluarga brokoli dan memiliki rasio omega-6 dan omega-3 yang hampir ideal. Minyak ini kaya akan asam alfa-linolenat (ALA) dan asam lemak omega-3 esensial yang berperan dalam menjaga berat badan.

Minyak canola juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung jika digunakan sebagai pengganti lemak jenuh.

Dengan titik asap yang lebih tinggi dibandingkan minyak zaitun, minyak canola cocok untuk memasak pada suhu tinggi dan tetap memiliki rasa netral yang tidak mendominasi masakan.

Baca Juga: Amankah Gula Jagung untuk Diabetes Sebenarnya? Ini Kata Penelitian

4. Minyak alpukat

Minyak alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk kesehatan jantung dan juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi rasa lapar.

5. Minyak almond

Rendah kalori, minyak almond bisa membantu menurunkan berat badan bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Minyak almond yang tidak dimurnikan lebih baik karena masih mengandung banyak nutrisi.

Minyak ini kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan lebih sedikit lemak jenuh. Minyak almond juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Itulah beberapa pilihan minyak yang baik untuk diet Anda. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News