Bugar

Berapa Kolesterol Normal Pada Wanita? Cari Tahu di Sini yuk!

Berapa Kolesterol Normal Pada Wanita? Cari Tahu di Sini yuk!

MOMSMONEY.ID - Bagi wanita, memahami kadar kolesterol yang normal adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Sebab, kolesterol yang tidak terkontrol bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung. Lantas, berapa kolesterol normal pada wanita sebenarnya?

Menurut Very Well Health, untuk wanita di bawah usia 19 tahun, tingkat kolesterol yang normal adalah di bawah 170 mg/dL. Kadar LDL yang ideal adalah kurang dari 110 mg/dL, sementara HDL yang sehat sebaiknya lebih dari 45 mg/dL.

Apabila total kolesterol seorang wanita muda melebihi 200 mg/dL dan LDL-nya melebihi 130 mg/dL, kondisi ini termasuk dalam kategori kolesterol tinggi.

Sedangkan untuk wanita yang berusia 20 tahun ke atas, kadar kolesterol normal berada dalam rentang 125–200 mg/dL.

Pada usia ini, kadar LDL yang dianggap sehat adalah kurang dari 100 mg/dL dan kadar HDL yang baik adalah lebih dari 40 mg/dL. Kolesterol dianggap tinggi jika kadar tersebut mencapai atau melebihi 239 mg/dL.

Baca Juga: Berapa Kadar Kolesterol Normal Pria Usia 50 Tahun? Yuk, Cek di Sini!

Secara keseluruhan, untuk wanita, kadar kolesterol total di bawah 200 mg/dL dianggap dalam batas sehat. LDL harus dipertahankan di bawah 100 mg/dL, sementara HDL disarankan untuk tidak kurang dari 50 mg/dL. Tips menjaga kadar kolesterol yang sehat

Menjaga kadar kolesterol dalam batas yang sehat adalah kunci utama untuk kesehatan jantung yang optimal. Berikut lima saran praktis untuk membantu Anda memelihara kadar kolesterol Anda:

1. Adopsi Pola Makan Sehat

Prioritaskan diet yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan sumber protein rendah lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, kacang-kacangan, dan lentil.

Kurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, seperti makanan cepat saji dan produk olahan. Jangan lupa untuk memasukkan lemak sehat yang terdapat pada alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

Baca Juga: Jeruk Nipis untuk Asam Lambung, Aman atau Tidak? Intip Daftar Buah Pantangan Lainnya

2. Olahraga Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara rutin tidak hanya dapat menurunkan kolesterol LDL (jahat), tetapi juga meningkatkan HDL (baik). Cobalah untuk berolahraga dengan intensitas sedang, seperti berjalan cepat, bersepeda, atau berenang, selama setidaknya 30 menit setiap hari.

3. Kelola Berat Badan Anda

Menjaga berat badan ideal dapat memainkan peran penting dalam mengontrol kadar kolesterol. Bahkan penurunan berat badan yang moderat, seperti 5% hingga 10% dari total berat badan, bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida, serta meningkatkan kadar HDL.

Baca Juga: 8 Cara Terbaik Mengatasi Kolesterol Tinggi Pada Wanita, Simak Berikut Ini!

4. Pemeriksaan Kolesterol Teratur

Penting untuk memantau kadar kolesterol Anda secara berkala. Apabila kadar kolesterol Anda tergolong tinggi, dokter Anda mungkin akan menyarankan perubahan gaya hidup atau penggunaan obat-obatan untuk mengelolanya.

Demikianlah ulasan terkait berapa kolesterol normal pada wanita dan tips menjaga kadar kolesterol tetap di batas normal. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Kim Jong Un Mengklaim Ekonomi Korea Utara Mulai Membaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News