Bugar

Efek Gula Darah Tinggi pada Wanita yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Efek Gula Darah Tinggi pada Wanita yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Yuk, cek ulasan lengkapnya di sini! Berikut adalah efek gula darah tinggi pada wanita.

Gula darah tinggi atau hiperglikemia merupakan kondisi ketika kadar glukosa dalam darah melebihi batas normal. Ini sering dikaitkan dengan diabetes mellitus, baik tipe 1 maupun tipe 2, namun juga bisa terjadi pada orang tanpa diabetes dalam kondisi tertentu.

Gula darah tinggi bisa terjadi pada siapa saja, termasuk wanita. Kondisi ini memiliki sejumlah efek samping bagi kesehatan tubuh. Menyadur dari Hello Sehat, di bawah ini adalah beberapa efek gula darah tinggi pada wanita yang perlu diketahui:

1. Infeksi Jamur Vagina

Wanita dengan kadar gula darah tinggi sering mengalami infeksi jamur pada vagina yang disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Gula darah tinggi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga jamur lebih mudah berkembang biak.

Gejalanya termasuk rasa gatal di vagina, kemerahan dan bengkak pada bibir vagina, serta sensasi terbakar saat buang air kecil atau berhubungan seks.

Baca Juga: Amankah Gula Jagung untuk Diabetes Sebenarnya? Ini Kata Penelitian

2. Vagina Kering

Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di area vagina, yang menyebabkan kurangnya pelumas alami. Akibatnya, vagina menjadi kering, menyebabkan rasa nyeri saat berhubungan seksual, dan menurunkan gairah seksual.

3. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Kadar gula darah tinggi dapat menurunkan kemampuan tubuh untuk melawan bakteri, sehingga wanita lebih rentan mengalami ISK. Gejala ISK meliputi nyeri saat buang air kecil, urin yang keruh dan berbau menyengat, serta nyeri di area panggul.

Baca Juga: Mengenal Manfaat Daun Kenikir untuk Diabetes dan Cara Konsumsinya

4. Mudah Haus dan Sering Buang Air Kecil

Glukosa yang berlebihan dalam darah memaksa ginjal bekerja lebih keras untuk mengeluarkan kelebihan gula melalui urine, sehingga menyebabkan sering buang air kecil dan rasa haus yang meningkat.

5. Cepat Merasa Lapar

Karena tubuh tidak bisa menggunakan glukosa dengan baik sebagai energi, tubuh mengirimkan sinyal rasa lapar ke otak, menyebabkan seseorang cepat merasa lapar meskipun sudah makan.

6. Penglihatan Kabur

Kadar glukosa tinggi dapat menyebabkan pembengkakan pada lensa mata, yang berperan dalam memfokuskan cahaya. Akibatnya, penglihatan bisa menjadi kabur.

Baca Juga: Jadwal Makan Diet Pemula yang Efektif Turunkan Berat Badan, Cek di Sini

7. Penurunan Berat Badan Tanpa Alasan

Jika tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai energi, maka lemak akan digunakan sebagai gantinya. Kondisi ini menyebabkan penurunan berat badan yang drastis meskipun tidak sedang menjalani diet.

8. Luka Sulit Sembuh

Gula darah tinggi dapat memperlambat aliran darah ke luka, sehingga proses penyembuhan menjadi lebih lambat. Luka juga menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

9. Nyeri Kaki

Kerusakan saraf akibat kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan nyeri atau mati rasa pada kaki, yang merupakan tanda dari komplikasi diabetes yang dikenal sebagai neuropati diabetik.

Baca Juga: Terapkan, yuk! Begini Cara Menghentikan Kecanduan Gula yang Efektif

10. Mulut Kering

Gula darah tinggi dapat mempengaruhi kelenjar air liur sehingga produksi air liur menurun. Akibatnya, mulut terasa kering, disertai bibir pecah-pecah, bau mulut, dan tenggorokan kering.

11. Masalah Kulit

Tingginya kadar gula darah bisa menyebabkan masalah kulit seperti gatal, ruam, atau bahkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap di leher dan ketiak.

Itulah beberapa efek gula darah tinggi pada wanita yang penting untuk diketahui. Anda dapat mengontrol gula darah dengan mengubah gaya hidup sehat. Menyadur dari Alodokter, berikut adalah beberapa caranya:

  • Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Lakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari agar gula darah tetap berada pada batas normal.
  • Jangan minum alkohol dan hindari merokok, karena keduanya bisa memperburuk kondisi gula darah tinggi.
  • Hindari stres dan temukan cara untuk mengelolanya, misalnya dengan melakukan kegiatan yang Anda sukai.
  • Rutin memeriksa kadar gula darah sangat penting untuk memantau kesehatan Anda.

Baca Juga: Wanita Perlu Tahu, Inilah Beberapa Penyebab Kanker Ovarium dan Gejalanya!

Jika Anda merasakan tanda-tanda gula darah tinggi, segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Semoga informasi terkait efek gula darah tinggi pada wanita di atas bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News