Keluarga

Cari Tahu Berapa Jam ASI Bertahan di Kulkas

Cari Tahu Berapa Jam ASI Bertahan di Kulkas

MOMSMONEY.ID - Penyimpanan ASI di kulkas kerap dilakukan bagi Moms yang memproduksi ASI berlimpah. Sebagian Ibu juga harus menyimpan untuk kebutuhan buah hati supaya aman saat ditinggal kerja. Namun berapa jam ASI bertahan di kulkas? 

Air Susu Ibu (ASI) ternyata memang bisa disimpan di kulkas untuk memperpanjang usia penggunaannya. Namun tentu cara penyimpananya harus tepat ya Moms!

Baca Juga: 4 Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi dan Cara Mengatasinya dengan Tepat, Cari Tahu Yuk!

ASI bertahan berapa jam di kulkas?
ASI yang disimpan di kulkas disebut juga sebagai ASI Perah (ASIP). Memerah ASI atau memompanya dan menyimpannya di kulkas bisa menjadi pilihan untuk memenuhi asupan gizi anak saat Moms harus meninggalkan si kecil. 

ASIP bisa disimpan di kantong plastik, botol plastik atau botol kaca khusus. Kemudian simpan di kulkas atau freezer. 

ASI di kulkas bawah atau pada bagian chiller bisa bertahan selama 4 hari. Namun pastikan suhunya minimal 4C. Jika disimpan di dalam freezer ,aka bisa hingga 6 bulan dengan suhu -18C. 

ASI dari kulkas bertahan berapa lama?
Lalu jika ASI sudah dikeluarkan dari kulkas, bisa bertahan berapa lama? Melansir Alodokter, maka ini diasumsikan ASI berada di suhu ruang yakni 25C.

Baca Juga: Pernah Dengar Open Relationship? Cari Tahu Aturannya di Sini

Maka ASI bisa bertahan 4-6 jam tanpa kulkas. Namun bisa lebih cepat jika suhu ruangan lebih dari 25C. Menjadi catatan bagi Moms, bahwa suhu di Indonesia siang hari saat ini berkisar 28-33C. 

Melansir Mamabear, untuk ASIP yang sudah dicairkan dan dihangatkan bisa disimpan lagi ke dalam kulkas. Namun hanya bertahan paling lama 4 jam ya Moms!

Itu tadi penjelasan mengenai berapa lama ASI bisa disimpan di kulkas dan jika keluar dari kulkas. Sangat penting bagi Moms untuk memastikan kebersihan saat menyimpan ASIP ya!

Selanjutnya: Mengulik Manfaat Bengkuang untuk Asam Lambung, Bisa Kurangi Peradangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News